Setelah minum yg manis-manis tiba tiba kaki menjadi lecet ber air seperti terkena luka bakar

KA Info Penanya: KA, Pria, 2019 Tahun
Setelah minum yg manis-manis tiba tiba kaki menjadi lecet ber air seperti terkena luka bakar itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KA

Setelah meminum manis tiba tiba kaki lecet berair, hal ini dapat terjadi sebagai dua hal, yaitu adanya reaksi alergi yang di picu minuman tersebut yang membuat peradangan pada tubuh atau kaki sehingga memicu dermatitis luka lecet dan berat. Hal lain yang bisa jadi pemicu adalah memiliki penyakit diabetes militus tipe 2 yang membuat gula dalam darah meningkat sebagai efek resistensi insulin, pada saat meminum yang manis memicu peningkatan gula darah. Kondisi peningkatan gula darah pada seseorang dengan diabetes akan memicu angiopati/kerusakan pembuluh darah dan neuropati/kerusakan saraf yang akhirnya membuat kaki tidak berasa dan mudah mengalami infeksi, infeksi akibat lecet sedikit di kaki membuat peradangan dan penyebaran kuman disertai air luka bakar.

Saya sarankan agar anda menghindari minuman manis tersebut dan melakukan pemeriksaan pada dokter umum untuk mencari tahu apakah penyebab lecet pada kaki anda. 

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengenali kadar gula darah normal pada lansia bisa membantu deteksi diabetes sejak dini

Diabetes Disebut Penyakit Tua, Ini Kadar Gula Darah Normal pada Lansia

Mengenali kadar gula darah normal pada lansia dapat membantu deteksi diabetes sejak dini. Dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat, perbanyak olahraga, dan mengurang berat badan dapat mengurangi risiko munculnya diabetes.