Flek setelah menstruasi selesai, apa penyababnya?

ER Info Penanya: ER
Malam dok saya mau tanya,saya bulan ini setelah menstruasi selama 5 hari lalu,tapi setelah 5 hari kemudian keluar cairan flek coklat seperti menstruasi,selama ini saya menstruasi normal dan setelah menstruasi selang 3 hari saya berhubungan tapi menggunakan pengaman,nah flek coklat ini muncul sedikit paling 2 tetes saja dan muncul nya setiap malam saja dan sudah berlangsung 2x ini,itu apa penyebabnya dan penanganan seperti apa dok,saya tunggu jawaban segera .. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Secara normal, lamanya proses menstruasi wanita berkisar 3 - 7 hari dengan siklus menstruasi yang dikatakan normal adalah 21 - 35 hari. Selama proses menstruasi perdarahan bisa berupa flek (bercak), cair kekentalan atau bahkan gumpalan dengan warna yang beragam mulai dari merah, kecoklatan atau bahkan kehitaman. Munculnya flek setelah masa menstruasi bisa disebabkan oleh beberapa kondisi.

Kondisi yang menyebabkan flek setelah menstruasi adalah:

Terkait dengan pertanyaan Anda, penyebabnya bisa dikarenakan oleh salah satu diatas. Namun, apabila saat melakukan hubungan seksual Anda menggunakan alat kontrasepsi maka kemungkinan tidak terjadi kehamilan, sehingga perdarahan tersebut bukan disebabkab perdarahan implantasi.

Saat ini Anda perlu memantau kondisi Anda, apabila kondisi ini berulang dan atau disertai gejala penyerta (demam, nyeri perut bawah, vagina terasa gatal, perdaragan semakin banyak) sebaiknya segeralah periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk mengetahui penyebabnya.

Agar menstruasi lancar, lakukanlah hal berikut:

  • Kontrol emosi dan kelola stres
  • Hindari kelelahan dengan beristirahat dengan cukup
  • Usahakan memiliki berat badan yang ideal
  • Konsumsi makanan sehat bergizi
  • Jaga kebersihan area kewanitaan
  • Lakukan olahraga ringan

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.