Setelah menggunakan KB suntik apakah bisa segera hamil?

A Info Penanya: A, Wanita, 22 Tahun
Halo dok apakah KB sebelum menikah akan mengakibatkan susah hamil? Saya menikah tgl 25 juni tgl 22 juni sebelum menikah saya KB yg satu bulan saja,,,apakah saya bisa segera hamil dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, A

Terima kasih atas pertanyaannya.

Efek dari KB suntik yang satu bulan biasanya hanya bertahan selama satu bulan dan setelah itu subur kembali. Berbeda dengan KB suntik 3 bulan mungkin bisa mengakibatkan waktunya kembali subur lebih lama. Karena kadar hormon yang diberikan lebih tinggi. Tidak semua pengantin baru, langsung hamil bulan berikutnya. Lebih banyak yang mengalami fase pacaran terlebih dahulu. Belum hamil sampai dengan 1 tahun menikah tanpa kontrasepsi masih masuk kategori wajar ya. Jadi jangan khawatir dan terus berusaha. Saran saya selang seling 1 hari agar kondisi fisik dan sel sperma lebih optimal.

Untuk mendapatkan informasi mengenai KB suntik dan jenis KB lainnya anda dapat membaca di artikel Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Coba hitung masa subur anda biasanya 2 minggu sebelum menstruasi atau 2 minggu setelah mulai menstruasi. Tergantung dari seberapa teraturnya siklus haid anda. Kemudian mendekati dan setelah tanggal usia subur tersebut anda mulai program dengan suami. Ingat untuk selang satu hari ya, supaya kemungkinan hamilnya lebih tinggi. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.