Setelah mengganti suntik KB 3 bulan ke pil, saya sering mengalami perdarahan. Apakah penyebabnya?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 2019 Tahun
Hay dok saya mau tanya, saya kb yg tiga bulan tudak halangan, namun saya lepas kb kemudian lanjut pil kb, namun sudah dua bulan tidak kunjung halangan, Kemudian saat saya berhubungan badan keluar darah dok, tapi kalo saya nya juga keluar baru keluar darah, kalo berhubungan badangan badan saya nya gak keluar ya tidak keluar darah, keluar darah bila saya juga keluar, Kemudian saya minum jamu pelajaran haid, nah tu keluar darah dikit, Ini berbaha kah atau tidak ya dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RA

Terimakasih sudah bertanya di Forum SehatQ.

Suntik KB dengan pil KB sama-sama termasuk ke kontrasepsi sistem hormonal. Pada suntik KB 3 bulan, hormon yang masuk dalam dosis yang cukup tinggi agar selama 3 bulan menjaga kehamilan tidak terjadi. 

Salah satu kerugian suntik KB 3 bulan adalah seringkali menstruasi tidak keluar sehingha tidak nyaman untuk beberapa wanita. Setelah anda menghentikannya siklus haid juga tidak langsung normal. Seringkali masih tidak teratur dan sering telat.

Dengan melanjutkan menggunakan pil, pil akan berperan dalam mengatur siklus agar kembali normal dan anda akan haid tiap bulannya tapi memang memerlukan sedikit waktu.

Pada saat anda hubungan intim sampai dengan orgasme. Anda mengalami kontraksi di rahim sehingga darah sisa yang belum keluar saat menstruasi bisa keluar karena orgasme.

Sebaiknya anda diskusi dengan Obgyn anda bila ada keraguan untuk mendapat informasi dan terapi yang sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memilih pil KB untuk ibu menyusui dengan tepat akan membantu dalam mempertahankan jumlah produksi ASI

Jenis Pil KB untuk Ibu Menyusui yang Aman dan Tak Pengaruhi ASI

Pil KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang efektif. Namun, bagi Anda yang sedang menyusui dan ingin menggunakan pil KB yang aman dan tepat, Anda bisa gunakan pil mini yang mengandung progestin.