Apakah pil darurat bisa menyebabkan flek?

NL Info Penanya: NL, Wanita, 30 Tahun
Selamat sore dok maaf mau tanya saya haid pada tgl 28 April sampai dengan tgl 4 mei malem nya saya berhubungan dengan suami tapi saya lupa menggunakan kondom seperti biasa nya karna saya sedang menunda kehamilan keesokan hari nya tgl 5 siang hari saya meminum kontrasepsi darurat postpil andalan saya minum 2tablet sekaligus setelah 5 hari tepatnya hari ini tgl 10 Mei saya keluar darah flek seperti haid apakah itu efek samping dari pil KB darurat tsb atau kemungkinan trjdi kehamilan trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Pil darurat merupukan kontrasepsi daruat yang dugunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan.  Cara kerja obat ini adalah dengan mecegah indung telur untuk melepaskan sel terlur sehingga tidak bisa dibuahi oleh sperma.  Namun, bila sel terlur sudah terlanjur dibuahi pleh sperma, maka pil darurat ini dapat juga mengubah lapisan rahim sehingga hal ini mencehag menempelnya sel telur pada rahim.

Adapun efek samping yang timbul adalah:

  • Perdarahan menstruasi semakin banyak
  • Mensturasi lebih cepat atau jsutru lebih lambat dari baisanya
  • Payudara dirasa sakit
  • Sakit kepala
  • Lemas
  • Mual / muntah
  • Sakit perut
  • Diare

Terkait dengan keluhan yang ANda rasakan, bisa merupakan risiko dari pengunaan pil darurat. Jika Anda ragu-ragu sebaiknya lakukan tes kehamilan. Bila perdarahan dirasa banyak dan menggangu, atau justru siklus menstruasi menjadi tidak teratur atau terlambat haid, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang bila diperlukan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil Kosong Tapi Tidak Pendarahan, Mengapa Bisa?

Pendarahan dapat menjadi tanda dari hamil kehamilan anembrionik atau hamil kosong. Akan tetapi, Anda juga bisa mengalami hamil kosong tapi tidak pendarahan. Mengapa itu bisa terjadi?