Telat haid tapi testpack negatif, harus bagaimana?

RS Info Penanya: RS
hai dok, saya rini. saya telah melakukan seks 1 bulan yg lalu, seharusnya jawal haid saya diminggu pertama setiap bulannya tetapi minggu pertama di bulan ini saya juga belum haid setelah saya cek menggunakan test pack hasilnya negatif dok. saya harus bagaimana ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RS.

Testpack adalah salah satu metode untuk mendeteksi kehamilan. Cara kerja testpack adalah dengan mendeteksi hormon kehamilan hCG di dalam urine. Jika hormon hCG cukup banyak terdeteksi, maka akan timbul dua garis yang berarti positif hamil; sedangkan jika hormon hCG tidak ada atau kurang banyak terdeteksi, maka hanya timbul satu garis atau negatif.

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, Anda dapat mengulang testpack satu minggu lagi. Jika hasilnya masih negatif, terlambat haid Anda kemungkinan disebabkan oleh penyebab lainnya seperti penggunaan kontrasepsi hormonal, stres yang berlebihan, pola tidur yang sering begadang, pola makan yang tidak sehat, gangguan hormon tiroid, maupun gangguan rahim seperti PCOS. 

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab pasti terlambat haid Anda. Biasanya, dokter akan memeriksa rahim Anda melalui USG atau pemeriksaan penunjang lain yang dibutuhkan.

Terima kasih, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan nyeri haid dapat dilakukan dengan olahraga

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan 5 Gerakan Olahraga di Rumah

Untuk para wanita yang sedang merasakan nyeri haid, jangan putus asa. Sebab, ada cara menghilangkan nyeri haid dengan melakukan 5 gerakan olahraga ini di rumah.