26 Nov 2020, 12:49Kandungan

Penyebab nyeri dan keram perut setelah SC

EE
Info Penanya: EE, Wanita, 25 Tahun
Assalamualaikum Dok, saya mau nannya saya bru 6 minggu sudah oprasi, Bekas lukas sc sudah kering gak sakit tapi kok perut yang diatas lukanya itu terasa sakit dan agak kram kalau ditekan
271 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Waalaikumussallam wr wrb.Hallo E,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Saat SC maka terjadi luka pada lapisan-lapisan perut, mulai dari perut, jaringan lemak, otot, rahim yang kemudia dijahit kembali. Proses penyembuhan ini dapat memakan waktu yang lama tergantung masing-masing orang. 

Penyebab nyeri dan keram perut

Nyeri dan keram perut yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh :
  • Luka sayatan pasca SC. Luka sayatan ini akan sembuh seiring berjalannya waktu. Penyembuhan juga dapat terjadi lebih cepat jika Anda memiliki imun yang baik serta tidak ada infeksi pada luka.
  • Infeksi pada luka
Luka sayatan pasca SC dapat terinfeksi dikarenakan kebersihan luka yang tidak baik, verban luka yang tidak diganti, atau luka menjadi basah. Gejala luka yang terinfeksi adalah rasa nyeri pada luka sayatan, keluar cairan berwarna kuning dan dapat disertai darah, merah, dan gatal pada luka, dan dapat disertai demam.
  • Infeksi pada usus
Infeksi pada usus dapat terjadi karena demam tipus, atau usus buntu yang pecah. Gejalanya dapat berupa nyeri perut, disertai mual, muntah, dan demam
  • Infeksi saluran kemih
Ibu hamil rentan mengalami infeksi saluran kemih karena perubahan keasaman vagina, perubahan hormon, kondisi organ intim yang lembab menyebabkan bakteri dapat masuk ke saluran kencing.

Penatalaksaan nyeri perut

Penatalaksanaan nyeri perut yang Anda alami dengan mengatasi penyebabnya, Anda juga dapat meminum obat untuk mengurangi rasa nyeri seperti parasetamol 3x1 tablet sesudah makan. Anda juga dapat memngompres hangat di daerah atas luka. Tingkatkan konsumsi protein untuk mempercepat penyembuhan luka.Jika nyeri perut terus berlanjut diikuti keluar cairan dari bekas SC dan demam, Anda dapat memeriksaan diri ke dokter untuk penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
penyembuhan lukasakit perutinfeksi luka pasca operasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil