Setelah melahirkan normal jika selesai kencing urine keluar sendiri

RA Info Penanya: RA, Wanita, 2019 Tahun
Selamat malam..dokter saya mau bertanya.Saya baru selesai melahirkan secar normal,kenapa setelah melahirkan itu jika selesai kencing seperti urin saya tidak keluar semua jadi kalau habis kencing dibaw duduk pokoknya gerakan yg menekan organ intim,urin itu keluar sediri namun sedikit dan sampai sekarang anak saya sudah 3 tahun belum sembuh juga..kenapa itu dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore RA,

Keluhan tidak bisa mengontrol keluarnya urine dikenal dengan istilah inkontinensia urine. Kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami gejala seperti tidak merasa urine sepenuhnya kosong saat berkering, mengalami kebocoran urine, atau yang lainnya seperti bisa mengompol tanpa terkontrol, keluar urine saat batuk, bersin, tertawa, mengangkat beban atau saat berolahraga.

Penyebabnya sendiri karena adanya gangguan pada saluran kemih bisa karena otot-otot yang terlalu aktif, otot yang melemah, cedera tulang belakang, adanya tekanan ataupun akibat efek samping obat. Untuk itu jika sudah bertahun-tahun tetap tidak ada perubahan ada baiknya untuk dilakukan pemeriksaan pada dokter ahli urologi agar diketahui penyebabnya. 

Nantinya akan dilakukan pemeriksaan dan juga penanganan mulai dari latihan otot panggul, stimulasi elektrik, penggunaan alat medis, suntik obat ataupun melalui prosedur intervensi bedah jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa enggan pipis di toilet umum bisa jadi salah satu pemicu susah buang air kecil

Penyebab Susah Buang Air Kecil: Dari Penyakit Hingga Obat-obatan

Susah buang air kecil tak hanya meliputi sulit memulai pengeluaran urine, tapi juga kesulitan dalam mempertahankan aliran urine. Gangguan ini biasa dialami kelompok lanjut usia, namun juga bisa terjadi pada pria dan wanita dari semua usia. Contohnya sebagai gejala dari berbagai kondisi medis.