28 Sep 2021, 05:48Kandungan

Kapan boleh hamil setelah riwayat komplikasi kehamilan?

AH
Info Penanya: AH, Wanita, 32 Tahun
Selamat pagi dokter, sy melahirkan di bulan Desember 2020, kondisinya adalah anak meninggal dalam kandungan dokter, yang mau sy tanyakan, kapan waktu yang tepat untuk sy bisa hamil lagi? Bagaimana tips dan cara2 yang tepat agar di kehamilan berikutnya anak tidak meninggal & sehat kondisinya? Terima kasih dokter, mohon informasinya.
86 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, ATerima kasih atas pertanyaannya. Kematian janin saat hamil dapat terjadi ketika usia kehamilan lebih dari 20 minggu.  Hal ini disebabkan adanya kelainan pada janin, gangguan pada plasenta, kesehatan ibu, paparan zat kimia selama hamil, hingga riwayat persalinan prematur atau berat lahir rendah sebelumnya. Kehamilan pasca kematian janin pada beberapa literatur dianjurkan setidaknya sekitar 1 tahun namun hal ini tergantung pada pemeriksaan terkait kondisi kandungan serta kesiapan mental ibu saat ini.  Bila kesehatan baik dan sudah siap maka bisa lebih awal.  Karena riwayat kematian janin maka untuk kehamilan saat ini termasuk pada kehamilan dengan risiko tinggi sehingga memerlukan penjagaan dan pemeriksaan kehamilan ekstra rutin.  

Beberapa tips untuk menjaga kehamilan :

  • Kelola stres dan cemas. 
  • Minum vitamin hamil secara teratur. 
  • Jaga asupan makan yang bernutrisi serta gizi tinggi. 
  • Tambahkan susu hamil sebagai peningkat nutrisi. 
  • Lakukan senam atau yoga hamil sesuai usia kehamilan guna meningkatkan kebugaran saat hamil dan menjaga berat badan hamil tidak naik berlebih. 
  • Rutin periksa kehamilan.  
Untuk itu ketika anda sudah siap hamil kembali, konsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan lengkap pada rahim, sehingga dokter dapat memberikan perkiraan jarak aman untuk hamil lagi dan aturan yang perlu dipatuhi agar mengurangi risiko kematian janin seperti kehamilan terdahulu.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
menjaga kehamilanmerencanakan kehamilangawat janin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil