Setelah MCU dan hasil rontgen menunjukkan tanda TB Paru

IS Info Penanya: IS
Saya habis mcu dan katanya paru-paru saya adanya cor dalam batas normal dan infiltrat di lapangan atas paru kanan (TB paru) saya belum pernah mendapatkan gejalanya dan juga tidak pernah merasakan penyakit tersebut dok,mohon dibantu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IS

TB Paru adalah penyakit infeksi kronis akibat bakteri Mycobacterium tuberculosa. Bisa terjadi di paru-paru atau juga di tempat lain seperti kelenjar getah bening, kulit, tulang atau dalam rongga perut. Negara kita masih ada kasus TB baik yang bersifat akut, kronis ataupun bersifat pembawa. Karena sifatnya yang dapat menular ke karyawan lain maka anda dianjurkan untuk melakukan pengobatan selama enam bulan.

Gejala TB paru adalah batuk kronis >3 minggu, demam, keringat di malam hari, pembesaran kelenjar getah bening serta penurunan berat badan dan nafsu makan. Hasil pemeriksaan laboratorium dari dahak dan pemeriksaan rontgen paru-paru yang khas untuk TB Paru. Yaitu ada infiltrat di lapang paru atas, karena kuman Mycobacterium menyukai daerah paru yang kadar udaranya tinggi di lapang atas paru.

Saran saya ikuti saran perusahaan dan dokter anda untuk mengikuti pengobatan TB karena manfaatnya anda juga yang merasakan. Kuman TB dapat menular selain ke rekan kerja bisa juga ke keluarga anda. TBC adalah penyakit yang bisa disembuhkan tapi memang prosesnya lama.

Pada pengobatan infeksi pertama kali, anda akan diberikan obat selama 6 bulan yang mengandung kombinasi antibiotik yang khusus disimpan untuk Tuberkulosis. Bila anda tidak disiplin minum obatnya, akan diulang dari awal menjadi 9-12 bulan dengan kombinasi antibiotik lain yang lebih kuat, disuntik setiap hari dan mahal. Apa jadinya bila TB tidak diobati, paru-paru anda bisa rusak dan tubuh anda semakin lama akan semakin kurus.

Lebih jelasnya bisa dibaca di Tuberkulosis

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pekerja konstruksi harus lebih berhati-hati, karena rentan mengalami penyakit paru-paru

10 Pekerjaan Berisiko untuk Penyakit Paru paru

Paru-paru merupakan organ yang bekerja tanpa henti dan tidak jarang orang yang paru-parunya terserang penyakit. Ternyata, beberapa jenis pekerjaan dapat memicu penyakit paru-paru seperti bartender, tenaga kesehata hingga pekerja tambang batu bara.