Setelah lepas kb apakah bisa langsung hamil kembali?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 21 Tahun
Dok.. apakah setelah haid yg lama (setelah lepas Kb) bisa langsung hamil setelah berhubungan badan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AAC

Terima kasih atas pertanyaannya.

Berapa lama bisa langsung hamil setelah lepas KB? Ditentukan dari metode KB yang digunakan. KB hormonal seperti pil, suntik atau IUD memiliki waktu yang berbeda. Pada pil KB setelah anda menghentikan tabletnya kemungkinan bisa langsung hamil cukup besar. Karena pada pil KB, dosis hormon diberikan secara harian. Sehingga untuk menjamin fungsi pil KB, disarankan penggunaan selama 1 bulan terlebih dahulu serta harus disiplin minum obat tiap harinya.

Sedangkan untuk KB suntik 1 bulan, kemungkinan bisa langsung hamil atau bisa juga sampai haid berikutnya. Untuk KB suntik 3 bulan, dosis obat yang diberikan lebih tinggi sehingga memerlukan waktu beberapa bulan baru dapat kembali menstruasi seperti biasa. Jadi belum tentu bisa langsung hamil. Begitu pula penggunaan IUD yang bersifat jangka panjang,  rata-rata membutuhkan 4-6 bulan agar dapat hamil kembali. Bisa anda baca juga artikel mengenai jenis-jenis KB untuk tambahan referensi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB memiliki dua jenis, yaitu yang mengandung hormon progesteron dan hormon progesteron-estrogen

Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Penggunaan alat kontrasepsi bertujuan untuk menunda kehamilan dan mengatur jumlah anak yang dilahirkan. Beberapa jenis alat kontrasepsi (KB) yang bisa digunakan, antara lain IUD, kondom, suntik KB, dan pil KB.