Setelah lepas IUD, kenapa tumbuh jerawat?

SW Info Penanya: SW, Wanita, 33 Tahun
Setelah lepas KB IUD, kok tumbuh jerawat di wajah ya, Dok. Padahal sebelumnya saya tidak pernah jerawatan. Kulit wajah saya bukan tipe yang sensitif juga. Itu dikeranakan apa? Padahal KB-nya bukan hormonal, lho.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SWH

Sebetulnya ada 2 jenis utama IUD, satu mengandung tembaga dan yang lainnya mengandung hormon (levonorgestrel). Tembaga menyebabkan reaksi radang pada sperma, sedangkan hormon levonorgestrel berfungsi untuk mengentalkan lendir sehingga mencegah sperma membuahi sel telur dan menempel di rahim. Biasanya yang mengandung hormon yang menyebabkan timbul jerawat.

Setelah IUD dilepas (baik yang tembaga/hormonal), tubuh akan beradaptasi hingga mencapai keseimbangan hormonal seperti sediakala. Selain itu anda juga bisa mengalami perubahan pada siklus menstruasi menjadi lebih banyak atau lebih sedikit. Malahan pada kebanyakan wanita jerawat yang timbul akibat pemasangan IUD akan hilang setelah IUD dilepas. Sebaiknya anda konsultasi juga dengan dokter kandungan anda untuk memastikan tidak ada kondisi klinis lain.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat sakit pada wajah bisa dicegah dan diatasi, jika Anda rajin membersihkan kulit secara lembut dan teliti

8 Cara Mengatasi Jerawat Sakit untuk Memperoleh Wajah Sehat

Banyak yang mengira jerawat sakit adalah masalah kulit yang hanya menyerang remaja di usia pubertas. Salah satu cara mengatasi jerawat sakit yaitu dengan membersihkan kulit dengan lembut dan teliti.