11 May 2021, 21:01Kandungan

Merasakan gejala hamil setelah suntik KB 3 bulan, apakah kebobolan ?

YM
Info Penanya: YM, Wanita, 23 Tahun
Dok tgl 10 april saya di kuret , kemudian saya mulai kb suntik 3bln saat pendarahan sudah berhenti pada tgl 29april , kemudian saya melakukan hubungan badan tgl 3 mei , apakh saya akan hamil dok walaupun sudah kb , karna saya merasakan mual , pusing , sakit perut bagian bawah , saya coba tespek tgl 10mei kemarin tp negatif , bagaimana ya dok mohon penjelasan nya , saya wory soal nya saya melakukan hubungan badan sebelum 7hari setelah suntik kb karna itu kb pertama saya
4543 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Y.Kuret adalah prosedur yang dilakukan oleh dokter kandungan saat wanita mengalami keguguran dimana hasil konsepsi masih tertinggal di dalam rahim. Selain karena keguguran, beberapa kondisi lain yang dilakukan kuratase seperti perdarahan akibat endometriosis, kista atau mioma uteri dan premenopause dengan mentruasi sangat banyak bergumpal.

Apakah setelah suntik KB 3 bulan bisa kebobolan ?

Anda yang habis kuratase dan suntik KB 3 bulan dimana sebelum 7 hari pasca sutik KB pertama sudah melakukan hubungan intim, dapat hamil dengan tanda telat haid, mual, pusing, nyeri perut bawah. Pemeriksaan test pack saat kehamilan awal sering menunjukkan hasil yang samar, bahkan negatif karena hormon hamil yang belum terdeteksi. Anda dapat melakukan pemeriksaan ulang dengan jarak 1 hingga 2 minggu kemudian untuk memastikan.Jika hasil 2 kali pemeriksaan tetap negatif, keluhan yang Anda alami dapat disebabkan oleh suntik KB 3 bulan, gangguan hormon pasca keguguran, berat badan yang tidak stabil, rasa sedih dan stress, jarang olahraga, gejala PMS, anemia dan kelelahan. Jalani hidup sehat, istirahat yang cukup, dan jaga berat badan ideal agar tubuh fit dan hormon stabil.Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan baik pemeriksaan fisik, darah, laboratorium, USG dan urin untuk memastikan penyebab jika keluhan berlanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari. 
tes kehamilankegugurankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil