Setelah kecelakaan kaki masih terasa sakit dan jalan masih belum benar. Bagaimana solusinya?

SM Info Penanya: SM, Pria
Dok saya pernah tertabrak mobil gara gara lampu sen mobilnya rusak, kaki saya terluka di bagian samping tulang kering tapi cuman lecet kecil saya di bawa ke panti pijat setelah itu agak mendingan, tapi jalan masih belum benar, sebulan kemudian kaki udah sembuh tapi Dok dulu saya atlit silat kalo ada gerakan tendang atau nggak di bawa pemanasan pelemasan kalo gak di bawa gerak pokoknya kaki terasa sakit nyeri ini kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SM

Saat kecelakaan dulu apakah kaki Anda sudah dilakukan rontgen/x ray untuk memastikan tidak ada tulang yang patah. Tulang sebagai fondasi akan menentukan bagaimana cara Anda berjalan. Beban seluruh tubuh akan bertumpu pada kaki Anda, sehingga bila tidak simetris akan terjadi perubahan titik berat tubuh dan pada akhirnya jalan Anda akan tidak normal.

Di sekitar tulang tersebut ada juga otot, sendi, pembuluh darah dan saraf. Bisa saja benturan tersebut tidak sampai mematahkan tulang tapi bisa mengakibatkan jaringan otot atau sendi sampai putus. Saraf terjepit hingga menyebabkan nyeri.

Mengingat pentingnya kaki untuk aktivitas olahraga Anda. Saran saya Anda memeriksakan diri ke Rumah Sakit untuk melakukan rontgen dan pemeriksaan lainnya yang dianggap perlu. Konsultasi dengan Dokter Spesialis Orthopedi untuk menentukan tatalaksana selanjutnya. Bila ternyata ada patah tulang atau jaringan putus maka bisa ditangani agar fungsi kaki Anda bisa kembali serta tidak terasa nyeri.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

SM
10 Nov 2019, 18:19
makasih banyak dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Skoliosis ringan didefinisikan jika kelengkungan tulang belakang kurang dari 20 derajat, namun lebih dari 10 derajat

Memahami Kondisi Skoliosis Ringan dan Risiko Komplikasinya

Skoliosis adalah gangguan tulang yang didefinisikan sebagai kelainan pada lengkung tulang belakang (kurvatura) yang melengkung ke samping lebih dari 10 derajat. Skoliosis ringan didefinisikan jika kelengkungan tulang belakang kurang dari 20 derajat, tetapi lebih dari 10 derajat.