25 Jul 2021, 22:04Kandungan

Penyebab setelah haid selesai, keluar gumpalan darah

SN
Info Penanya: SN0
Halo dok selamat malam, ingin bertanya seminggu yang lalu saya haid dan selesai di hari senin, tetapi setelah haid muncul lagi darah dan gumpalan yang tidak terlalu banyak. Kalo boleh tau apa penyebab'a ya dok dan berbahayakah? Terima kasih
428 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, S.Haid normal terjadi pada wanita setiap bulan dengan siklus 21 sampai 35 hari sekali. Lamanya haid yang dapat dialami 3 hingga 7 hari. Namun tidak semua wanita mempunyai siklus haid teratur, ada yang tidak haid hingga 2 bulan, ada haid yang 2 kali dalam sebulan.

Apa yang menyebabkan setelah haid selesai, keluar gumpalan darah ?

Anda yang setelah haid selesai, keluar gumpalan darah, gumpalan tidak terlalu banyak, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Penggunaan KB hormonal yang memicu perdarahan di luar siklus haid.
  • Gangguan hormon karena penyakit tertentu antara lain PCOS, endometriosis, hipotroid, kista ovarium, BB tidak ideal, terlalu lelah, stress.
  • Pasca berhubungan seksual yang membuat vagina terluka.
  • Darah menstruasi yang tersisa.
Jika gumpalan darah tidak terlalu banyak, tidak disertai bau, nyeri perut hebat, maka tidak berbahaya. Namun jika gumpalan darah sangat banyak dan terasa sangat sakit di perut, ini dapat merupakan suatu gejala penyakit berbahaya termasuk infeksi serviks. Untuk mengatasi keluhan Anda, sebaiknya Anda mengganti KB non hormonal, menjaga pola hidup sehat, menjaga kebersihan vagina, segera konsultasi ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr.Lidya Hapsari.
siklus haidgangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil