Apakah berhubungan seks dengan kondom dapat menyebabkan kehamilan?

NS Info Penanya: NS, Pria, 1 Tahun
Dokter saya mau tanya jika hari ini saya berhubungan kemudian keesokan harinya saya datang bulan terjadi hanya 4 hari, kertika berhubungan itu suami pakai kondom dok, komdom prtama dbolak balik krna baru prtma itu pakai krna takut sobek pakai kondom yg satunya, ternyata kondom k1 dpakai stelah yg k2,apakah ada krmungkinan sperma menempel pada kondom itu dok dan setelah haid saya blm berhubungan lagi apakah ada kmungkinan sperma yg tertmpel dkondom bisa masuk dan mengakibatkan kehamilan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NS.

Kondom adalah salah satu metode kontrasepsi yang mudah dan cukup efektif. Pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan bisa menggunakan kondom sebagai pilihan. Apalagi, jika istri tidak ingin menggunakan kontrasepsi hormonal yang akan menyebabkan berbagai efek samping pada tubuh, seperti perubahan berat badan dan siklus haid. 

Namun, meskipun kondom tergolong praktis dan efektif, jangan sampai kondom disalahgunakan untuk pengaman bagi mereka yang melakukan seks bebas. 

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, jika berhubungan dengan cara penggunaan kondom yang salah (menggunakan kondom terbalik kemudian dibalik lagi), ada kemungkinan cairan pre-ejakulasi tertempel di kondom tersebut. Cairan pre-ejakulasi mengandung sperma, walaupun sedikit. Jika sperma tersebut masuk ke dalam liang vagina dan berhasil melakukan pembuahan, maka ada kemungkinan hamil, walaupun sangat kecil.

Oleh karena itu, disarankan agar suami Anda menggunakan kondom dengan benar jika ingin mencegah kehamilan. Atau, Anda dan suami bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi lainnya yang cocok untuk Anda. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk informasi lebih lanjut.

 

Terima kasih, semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB harus dikonsumsi sesuai dengan intruksi yang tepat

Jangan Salah, Ini Cara Minum Pil KB yang Benar

Pil KB adalah salah satu solusi yang sering dipilih untuk menghindari kehamilan. Namun tidak sembarangan, pil KB harus dikonsumsi dengan cara yang benar.