Setelah berhubungan keluar darah banyak, dan sampe sekarang tinggal bercak bercak nya.

AI Info Penanya: AI, Wanita, 22 Tahun
Malem dok, saya mau bertanya saya berhubungan dengan suami saya tetapi pas masih berhubungan saya keluar darah tidak normal banyak dan di sertai gumpalan darah, sehari itu saja. Tetapi sekarang sekarang masih ada sedikit bercak darah, itu kenapa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AI,

Perdarahan pasca berhubungan seksual adalah keluhan yang bisa timbul karena beberapa hal, mulai dari karena gesekan selama kehamilan sampai adanya masalah di organ reproduksi. Beberapa kemungkinan penyebabnya seperti:

  • Vagina yang iritasi karena kurang pelumas
  • Vagina yang kering karena efek obat tertentu, penggunaan produk pembersih vagina, kurang rangsang seksual, penurunan libido
  • Adanya polip di rahim
  • Adanya peradangan vagina
  • Terinfeksi penyakit menular seksual

Untuk itu perlu diperhatikan, jika timbul rasa nyeri saat berhubungan seksual, perdarahan lebih dari 7 hari, sering timbul flek di luar masa menstruasi, ada keputihan berlebih, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Nantinya oleh dokter dapat dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya baik melalui wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan tambahan seperti dengan USG, pemeriksaan pap smear ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.  

Untuk mencegahnya bisa dilakukan beberapa cara seperti dengan menggunakan produk pelumas tambahan atau lubricant gel, melakukan foreplay atau pemanasan lebih lama, hindari penggunaan produk pembersih kewanitaan terlalu sering, dan juga melakukan pemeriksaan kesehatan organ reproduksi secara berkala. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alasan pra melakukan orgasme palsu adalah menutupi ejakulasi dini dan ingin mengakhiri seks dengan cepat

6 Alasan Pria Melakukan Orgasme Palsu

1 dari 4 pria melakukan orgasme palsu, penyebab orgasme palsu pada pria adalah orgasme yang tertunda, menutupi ejakulasi dini, mempertahankan gengsi, menyenangkan pasang mereka, atau ingin mengakhiri kegiatan seksual.