logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo

Kulit & Kelamin

Setelah berhubungan intim terasa perih pada organ intim

15 Sep 2019, 10:25

AN

Info Penanya: AN, Wanita, 24 Tahun

Sore dok, saya mau tanya Saya menikah sekitar 1bln, setelah melakukan hubungan intim.. Setelah buang air kecil terasa perih pada organ intim.. Bukan saat buang air kecil nya, tp setelah buang air kecil saat di seka dengan air.. Itu gimana ya dok, wajar atau ada infeksi.,?

Dilihat 188917

8 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Adhi Pasha Dwitama

(53)

Selamat siang AN,

Erhubungan intim memiliki beberapa manfaat, seperti mempererat hubungan dalam penikahan, melancarkan komunikasi, membakar kalori, menjaga kesehatan jantung, dan pembuluh darah, dan manfaat lainnya. Gangguan pada hubungan intim dapat menyebabkan ketidak nyamanan, bahkan dapat mengganggu hubungan dalam pernikahan. Nyeri pada organ intim wanita setelah berhubungan intim, merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dikeluhkan.

Apakah yang menyebabkan nyeri setelah berhubungan intim?

Rasa nyeri yang timbul pasca berhubungan intim dapat terjadi karena beberapa penyebab seperti:

  • Gesekan selama berhubungan intim
  • Adanya iritasi di dinding vagina
  • Vagina yang kering atau kurangnya lubrikasi saat berhubungan seksual
  • Adanya infeksi pada vagina
  • Infeksi saluran kemih
  • Cystitis
  • Adanya peradangan pada vagina
  • Cedera pada organ intim
  • Paparan sabun

Rasa perih juga bisa diikuti adanya perdarahan setelah melakukan hubungan intim untuk itu perlu diperhatikan dengan melakukan komunikasi pada pasangan saat berhubungan intim. Lakukan pemanasan atau foreplay agar membantu lebih rileks dan menimbulkan rangsang seksual agar cairan lubrikasi alami timbul sehingga penetrasi dapat lebih mudah, atau bisa menggunakan cairan lubrikasi khusus berbahan dasar air, dan juga memposisikan diri dengan nyaman saat berhubungan seksual.

Jika keluhan disertai gejala lain seperti perdarahan, nyeri perut, nyeri saat berkemih, bengkak pada vagina, atau pun keputihan segera periksakan diri pada dokter atau dokter ahli kandungan dan kebidanan untuk pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Anda juga bisa membaca forum terkait dengan nyeri setelah berhubungan intim :

Salam sehat,

dr. Adhi P.

hubungan seksmasalah seksualseks

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Dikomentari oleh

PL

24 Mar 2020, 00:18:38

Halo dok saya in gin bertanya kemarin saya menstruasi tanggl 18 maret setelah itu saya berhubungan 23 maret, tapi sperma nya dikeluarkan diluar, apakah saya bisa Hamil? Atau kah saya menstruasi ditanggal yg sama? Atau kah telat dating bulan , terima kasih dokter..... Mohon dijawab

SehatQ Logo

Dijawab oleh

Sylvia V

24 Mar 2020, 08:49:01

Jika spermanya di luar masih dekat liang vagina (di bibir kemaluan dan sekitarnya) masih mungkin ya, PL. Boleh dilakukan testpack apabila sudah terlambat haid untuk memastikan.

Dikomentari oleh

NA

31 Mei 2020, 00:26:15

Halo dok saya ingin bertanya, kenapa ketika setelah berhubungan bagian mulut vagina kanan kiri saya mengalami rasa perih dan setelah itu timbul bentol2 kecil ya dok dan itu sangat perih ketika disentuh, dan sembuh ketika diambil paksa menggunakan tangan, apakah itu wajar atau bagaimana ya dok, atau saran beberapa obat untuk mengobatinya yang aman bagi kehamilan, terimakasih

SehatQ Logo

Dijawab oleh

Sylvia V

31 Mei 2020, 15:44:19

Selamat siang NA, Hal tersebut bisa saja karena alergi atau infeksi pada vagina ya. Jika infeksi, bisa disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun parasit, baik yang penularannya secara seksual atau tidak. Sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit untuk memastikan ya, agar dapat diberikan penanganan yang tepat. Terima kasih.

Dikomentari oleh

RU

28 Jun 2020, 12:56:13

Selamat siang dok. Maaf mengganggu saya mau nanya. Saya kemaren siang kan saya berhubungan intim saya istri saya. Setelah berhubungan intim istri saya itu terasa perih. Malamnya istri saya keluar bercak darah. Darahnya itu cuma 1-2 tetes saja Lalu besoknya keluar keputihan yang sangat banyak serta bercak darah. Kenapa ya dok.

Dikomentari oleh

RU

28 Jun 2020, 12:56:54

Selamat siang dok. Maaf mengganggu saya mau nanya. Saya kemaren siang kan saya berhubungan intim saya istri saya. Setelah berhubungan intim istri saya itu terasa perih. Malamnya istri saya keluar bercak darah. Lalu ini tadi keluar keputihan yang sangat banyak serta bercak darah. Kenapa ya dok.

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Sri Wulantini

29 Jun 2020, 08:41:57

Selamat pagi, RU. Setelah berhubungan intim terasa perih kemungkinannya adalah karena gesekan yang berlebihan terhadap vagina, vagina terlalu kering, atau adanya penyakit pada serviks seperti iritasi atau infeksi. Untuk memastikannya dibutuhkan pemeriksaan ke dokter kandungan ya. JIka karena vagina kering bisa diberikan cairan lubrikan terlebih dahulu atau dilakukan foreplay lebih lama.

Dikomentari oleh

SU

19 Jul 2020, 00:31:22

Ma.af dok mau tanya, kalau sudah melakukan foreplay tpi ttep kalau ketika berhenti itu perih dan setelahnya juga perih di bagian vagianya itu kenapa ya dok? Mohon pencerahannya

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Sri Wulantini

20 Jul 2020, 05:37:40

Selamat pagi, SU. Hal ini bisa terjadi akibat gesekan yang berlebihan pada saat berhubungan seksual. Oleh sebab itu mungkin dapat dibuat lebih nyaman kembali aktivitas tersebut ya.

12

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved