Setelah berhubungan intim terasa perih pada organ intim

AN Info Penanya: AN, Wanita, 24 Tahun
Sore dok, saya mau tanyaSaya menikah sekitar 1bln, setelah melakukan hubungan intim.. Setelah buang air kecil terasa perih pada organ intim..Bukan saat buang air kecil nya, tp setelah buang air kecil saat di seka dengan air..Itu gimana ya dok, wajar atau ada infeksi.,?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AN,

Rasa nyeri yang timbul pasca berhubungan intim dapat terjadi karena beberapa penyebab seperti:

  • Gesekan selama berhubungan intim
  • Adanya iritasi di dinding vagina
  • Vagina yang kering atau kurangnya lubrikasi saat berhubungan seksual
  • Adanya infeksi pada vagina
  • Adanya peradangan pada vagina
  • Cedera pada organ intim
  • Paparan sabun

Rasa perih juga bisa diikuti adanya perdarahan setelah melakukan hubungan intim untuk itu perlu diperhatikan dengan melakukan komunikasi pada pasangan saat berhubungan intim. Lakukan pemanasan atau foreplay agar membantu lebih rileks dan menimbulkan rangsang seksual agar cairan lubrikasi alami timbul sehingga penetrasi dapat lebih mudah, atau bisa menggunakan cairan lubrikasi khusus berbahan dasar air, dan juga memposisikan diri dengan nyaman saat berhubungan seksual.

Jika keluhan disertai gejala lain seperti perdarahan, nyeri perut, nyeri saat berkemih, bengkak pada vagina, atau pun keputihan segera periksakan diri pada dokter atau dokter ahli kandungan dan kebidanan untuk pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan pernah menyelewengkan pengunaan obat "tidur", selain bisa dijerat pasal hukum, akibatnya bisa fatal.

Perbedaan Obat Perangsang Wanita dan Obat "Tidur"

Ada perbedaan besar antara obat perangsang wanita dan juga obat “tidur”. Seringkali, obat “tidur” ini disalahgunakan untuk hal yang tak baik. Seperti apa efek dan gejalanya?