Setelah berhubungan intim, buang air kecil mengeluarkan darah

AN Info Penanya: AN, Wanita, 21 Tahun
Dok saya ingin bertanya.1 hari setelah haid saya usai melakukan hubungan intim dengan pasangan saya untuk pertama kali, lalu usai melakukan hubungan intim saya buang air kecil selalu mengeluarkan darah selama 1 hari dan di hari kemudian mengeluarkan bercak darah kecoklatan.Apakah itu tanda kehamilan atau apa ya dok ? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AN

Terimakasih atas pertanyaannya.

Pertama anda perlu memastikan dulu apakah memang air kencing yang berdarah atau air kencing keluar bersama menstruasi. Karena anda baru saja selesai menstruasi dan anda juga baru pertama kali hubungan intim. Kemungkinan darahnya dari dalam vagina bukan dari saluran kencing yang letaknya diluar.

Anda perlu banyak minum air putih minimal 2 liter per hari dan jangan menahan pipis. Bila kencingnya masih kemerahan maka sebaiknya anda diperiksa langsung dengan dokter untuk kemungkinan ada infeksi atau batu di saluran kencing. Semoga penjelasan saya bermanfaat. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.