03 Jan 2021, 12:23Kandungan

Hubungan saat haid, apakah berisiko?

WS
Info Penanya: WS0
Dok saya mau bertanya... Jika saya lagi haid dan saya berhubungan lalu keesokan harinya haid saya sudah berhenti... Apakah berisiko hamil? Lalu bagaimana cara menanggulangi terjadinya kehamilan tersebut
175 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, WSTerima kasih atas pertanyaannya.Haid adalah peluruhan dinding rahim yang dikeluarkan melalui vagina akiba sel telur yang tidak terbuahi.  Berhubungan intim saat haid tidak dilarang namun perlu diketahui adanya risiko yang akan terjadi.

Kelebihan berhubungan intim saat haid :

  • Mengurangi rasa sakit saat haid karena adanya pelepasan hormon endorfin saat wanita orgasme.
  • Memperpendek siklus haid akibat kontraksi rahim yang berlebih saat berhubungan intim maka darah yang keluar lebih banyak dan lama haid menjadi lebih pendek.

Risiko berhubungan saat haid :

  • Kehamilan dapat terjadi walaupun kemungkinannya kecil. Sperma dapat hidup di rahim kurang lebih hingga 7 hari lamanya.  Pada wanita dengan siklus haid pendek bisa saja sesaat setlah haid masuk masa subur.  Ketika ini terjadi dan sperma ada dirahim maka kemungkinan bisa terjadi kehamilan.
  • Risiko penularan infeksi rahim akibat leher rahim yang terbuka saat haid sehingga memudahkan bakteri atau virus masuk ke dalam rahim.
  • Memicu infeksi jamur pada vagina karena saat haid pH vagina yang berubah menyebabkan keputihan akan berlebih.
Karena ada risiko kehamilan anda dapat lakukan tes kehamilan 10 hari setelah berhubungan yang diulang  saat telat haid lebih dari 10 hari. Pada pasangan suami istri tentu kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu, anda dapat melakukan pemeriksaan di dokter kandungan jika testpack positif.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr, Farah
kehamilaninfeksi jamurkandidiasis vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil