2 hari setelah berhubungan seks mengalami haid, apakah itu berpotensi hamil?

RM Info Penanya: RM, Wanita
tgl 14 kami berhubungan lalu 2 hari kemudian tgl 16 pasangan saya haid (menggumpal dan terjadi +- 6hari). bulan lalu haid tgl 18 dan biasanya teratur. apakah ada kemungkinan hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Mestruasi adalah suatu siklus keluarnya darah dari vagina yang dialami oleh setiap wanita. Siklus menstruasi setiap 28 hari, tetapi ada juga yang siklus menstruasinya 21-35 hari. Itu masih termasuk wajar. Menstruasi seorang wanita berlangsung selama 3-7 hari dengan darah yang keluar sebanyak 70 ml. Jika seorang wanita mengalami menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, maka wanita tersebut mengalami gangguan menstruasi. Penyebab gangguan menstruasi yaitu stres, kelelahan, berat badan yang tidak ideal, pemakaian KB, kehamilan, dan kondisi medis seperti PCOS, endometriosis dll.

Menstruasi yang dialami oleh pasangan Anda ini 4 hari lebih cepat dari biasanya dan itu masih termasuk wajar. Penyebabnya bisa saja salah satu kondisi diatas yang sudah dijelaskan. Jika Anda melakukan hubungan seks di tanggal 14 dan di tanggal 16 pasangan Anda mengalami menstruasi, maka kemungkinan besar tidak akan hamil. Karena di saat tanggal  14 itu pasangan Anda sedang tidak dalam masa subur, sehingga kemungkinan untuk terjadinya pembuahan sangat kecil. Tetapi, untuk memastikannya, Anda dan pasangan bisa melakukan pemeriksaan langsung ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan fisik dan juga penunjang. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat hamil 9 minggu berbagai hal terjadi pada ibu dan janin

Inilah yang Terjadi pada Ibu dan Janin Saat Hamil 9 Minggu

Banyak terjadi berbagai perkembangan pada janin ketika hamil 9 minggu. Bahkan ibu juga merasakan gejala-gejala kehamilan yang umum terjadi. Apa saja itu?