Setelah berhubungan intim lalu haid, apakah bisa hamil?

YT Info Penanya: YT, Pria, 25 Tahun
Setelah berhubungan intim jarak 15 hari kedepan pasangan mengalami datang bulan sesuai dgn tanggal biasanya wanita itu datang bulan.apakah bisa hamil atau tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YT,

Kehamilan adalah terjadinya pembuahan sel telur oleh sel sperma. Hal ini ditandai dengan perubahan hormonal pada tubuh wanita yang membuat tidak menstruasi. Jadi apabila setelahnya pasangan Anda mengalami menstruasi berarti tidak terjadi kehamilan.

Apabila ingin segera cepat hamil, perlu melakukan hubungan seksual saat masa subur dan lakukan tindakan pendukung lain seperti menjaga kesehatan dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk membantu meningkatkan kesuburan.

Apabila belum ingin memiliki keturunan atau belum siap hamil, maka sebaiknya menggunakan kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Tapi upayakan menggunakan kontrasepsi yang tidak mengganggu kesuburan kedepannya seperti:

  • Menggunakan Pil KB
  • Menggunakan Kondom

Perhatikan juga kesehatan organ intim agar terhindar dari bahaya penyakit menular seksual ataupun masalah lain yang bisa berpengaruh pada kesehatan organ intim. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi pertama bagi para remaja wanita bisa saja membuat panik dan cemas

Tips Jitu Bicarakan Menstruasi Pertama dengan Anak Tanpa Canggung

Menstruasi pertama adalah salah satu momen penting dalam perkembangan putri Anda. Bantu ia mempersiapkannya dengan komunikasi yang baik tanpa menakut-nakuti.