Setelah berhenti minum pil KB belum kunjung hamil dan menstruasi tidak teratur

F Info Penanya: F, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, saya mau tanya.Setelah menggunakan kb pil andalan selama 4 bln trus sdh berhenti sktr 7 bln tapi tidak kunjung hamil. Dan menstruasi tidak teratur.Bagaimana solusinya ya dok?Dan bagaimana mengatasi keputihan yang banyak tpi tidak berbau.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang F,

Pil KB merupakan salah satu metode kontrasepsi dimana mengonsumsi pil hormonal setiap hari untuk mencegah terjadinya pembuahan. Penggunaan pil KB sendiri mudah tetapi perlu diminum setiap hari agar memberikan kekebalan yang optimal dan juga tidak perlu menunggu lama untuk kembali subur setelah berhenti minum pil KB. Pil KB juga digunakan pada beberapa kasus untuk menangani siklus haid yang tidak teratur. Siklus menstruasi yang tidak teratur sendiri dapat disebabkan beberapa hal seperti:

  • Perubahan hormonal tubuh
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Stres
  • Aktivitas fisik berat 
  • Konsumsi obat tertentu
  • Perubahan berat badan yang mendadak dan drastis
  • Gangguan pada saluran reproduksi seperti sindrom ovari polikistik atau PCOS

Untuk itu apabila setelah lepas KB dan sudah menikah lebih dari 1 tahun tetapi masih belum juga hamil, ada baiknya untuk memeriksakan diri dan pasangan untuk mencari tahu apa yang mendasarinya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan kesuburan pada Anda dan pasangan dan diberikan penanganan selanjutnya untuk program hamil yang sesuai.

Keputihan sendiri dapat beragam jenisnya baik keputihan yang normal ataupun yang tidak normal dimana bisa disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, parasit ataupun penyakit menular seksual. Jika keluhan semakin mengganggu patut diwaspadai dan segera melakukan pemeriksaan pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, namun terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.