Setelah berhenti kb suntik, tidak datang bulan

HC Info Penanya: HC, Wanita
Dok, saya mau tanya dlu sblmnya saya pake kb suntik 3bln..slma pke kb kluar flek2.. Tp stlh brhnti kb.. Kok gk dtang bln yah.. Itu knp??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore HC,

Jenis KB ada berbagai macam, mulai dari KB hormonal hingga non hormonal.

KB suntik mengandung hormon. dimana pengaruh hormon ini dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur. haid bisa menjadi lebih sering, lebih banyak darah yang keluar atau tidak haid sama sekali.dan ini merupakan hal yang wajar dialami. Terkadang paska pemakaian kontrasepsi hormonal, haid yang dialami seorang wanita lebih sedikit dan waktunya lebih pendek dibanding haid biasa, kadang perdarahan vagina terjadi kurang dari 3 hari dengan volume darah yang sedikit (dalam bentuk flek darah). Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu 6 sampai 12 bulan untuk menghasilkan kadar hormon reproduksi yang normal untuk menghasilkan siklus menstruasi seperti awal sebelum memakai kontrasepsi.

Sehingga saat penghentian KB, bisa saja siklus menstruasi Anda sudah ada, ovulasi sudah terjadi dan bila Anda melakukan hubungan seksual saat masa subur, tetap bisa terjadi kehamilan.

Salam sehat,

dr. Airin Que

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB memiliki dua jenis, yaitu yang mengandung hormon progesteron dan hormon progesteron-estrogen

Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Penggunaan alat kontrasepsi bertujuan untuk menunda kehamilan dan mengatur jumlah anak yang dilahirkan. Beberapa jenis alat kontrasepsi (KB) yang bisa digunakan, antara lain IUD, kondom, suntik KB, dan pil KB.