Setelah berhenti Kb belum hamil lagi

ED Info Penanya: ED, Wanita
Dok saya kan pengantin baru namun saya ikut KB pil kurang dari 1 bulan saya berhenti KB, namun dalam jangka waktu 2 bulan saya belum kunjung hamil juga, apakah pengaruh pil KB tersebut sehingga saya belum hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi ED.

Kontrasepsi pil termasuk dalam kontrasepsi hormonal, ketika tubuh mendapatkan hormon dari luar, otomatis akan terjadi umpan balik pada organ yang mengatur hormonal sehingga akan ditekan produksi nya agar tidak berlebihan.

Ketika, hormonal yang diterima dari luar tersebut dihentikan, maka tubuh akan butuh waktu untuk menyesuaikan kondisi tersebut agar dapat memproduksi hormon secara internal kembali.

Pada keadaan tersebut biasanya butuh waktu yang berbeda-beda bagi setiap orang bahkan bisa hingga 1 tahun.

Saya sarankan untuk terus mencoba meningkatkan frekuensi hubungan seksual dan lakukan pada masa subur Anda. Jika memang Anda masih ragu, silahkan berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan pada Anda.

Jika Anda ingin memiliki hamil segera setelah memasang KB, saya sarankan KB selanjutnya untuk memilih KB non hormonal seperti IUD/spiral, karena tidak mempengaruhi hormonal.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab stretch mark pada ibu hamil adalah peningkatan berat badan dan menimbulkan rasa gatal

Kenali Penyebab Stretch Mark Berikut Ini pada Ibu Hamil

Meski tidak berbahaya untuk ibu maupun bayi di dalam kandungan, munculnya stretch mark pada ibu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman akibat rasa gatal. Timbunya stretch mark saat hamil dapat disebabkan oleh peningkatan berat badan yang wajar dialami oleh ibu hamil.