25 Nov 2020, 23:10Pernapasan

Sesak napas apa karena COVID?

A
Info Penanya: A0
Maaf dok saya butuh jawaban ibu saya mengalami sesak nafas apakah ibu saya terkena virus covid 19 ..soal nya ibu saya pernah datang di tempat orang yg pernah terkena covid tapi orang nya udah sembuh .
386 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang A,COVID-19 adalah penyakit akibat infeksi virus corona yang saat ini sudah menjadi pandemi dan sangat ditakuti karena penularannya memang mudah. Memang salah satu gejala khas COVID-19 adalah sesak napas, namun bukan berarti munculnya keluhan sesak napas pasti akibat COVID-19.

Beberapa kemungkinan penyebab sesak napas ibu Anda:

  • GERD atau asam lambung yang naik. Dalam kondisi stres, cemas ketakutan akan memicu produksi asam lambung lebih banyak. Sehingga asam lambung yang naik ini bisa menimbulkan keluhan dada panas, napas terasa berat hingga jantung berdebar. Terlebih bila pola makannya tidak teratur.
  • Infeksi paru-paru. Bisa terjadi akibat adanya infeksi TBC, pneumonia, atau yang lainnya.
  • Asma.
  • Sedang banyak pikiran.
Yang perlu diinfokan adalah berapa lama ibu Anda mengalami sesak napas? Gejala lain apa yang menyertainya? Apakah ada keluhan batuk, pilek, demam, nyeri menelan atau tidak?

Saat ini yang bisa ibu Anda lakukan untuk mengatasi sesak napasnya adalah:

  • Usahakan untuk makan secara teratur, porsi kecil namun sering. Selain itu hindari makanan yang pedas, asam, kopi, soda, serta kanji dan santan agar tidak memicu produksi asam lambung lebih banyak.
  • Minum antacida untuk meredakan asam lambungnya.
  • Kendalikan pikiran agar tidak semakin panik. Semakin panik atau cemas maka akan semakin terasa sesak.
Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk memastikan kondisi ibu Anda. Dan pastikan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker bila berpergian.Salam sehat,dr. Vina
batuksesak napascoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil