Sesak, mual, dan tenggorokan asam, saya sakit apa?

H Info Penanya: H
Dok sy mau tanya, saya sudah 3 minggu mengalami sesak nafas, mual dan tenggorokan terasa asam, saat ini sy sudah melakukan rapit test dan swab hasilnya negatif krn takutnya saya kena covid.Kira-kira penyakit saya apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, H.

Sesak napas adalah sensasi tidak nyaman di bagian dada yang disertai dengan terengah-engah atau napas pendek. Sesak napas paling sering disebabkan oleh masalah pada paru-paru, ketika oksigen yang dihirup tidak cukup banyak. Penyakit paru yang menyebabkan sesak di antaranya infeksi Coronavirus, pneumonia, asma, dan bronkhitis. Tetapi perlu diingat, sesak napas juga bisa disebabkan oleh organ lainnya selain paru, seperti jantung, ginjal, ataupun pencernaan.

Apabila kondisi sesak napas yang Anda alami disertai dengan mual dan rasa asam pada tenggorokan, kemungkinan besar sesak Anda disebabkan karena GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease). Asam lambung naik ke tenggorokan dan akan menimbulkan gejala seperti sesak napas, nyeri dada, sensasi menekan atau terhimpit pada dada, dan pada beberapa orang bisa disertai batuk.

Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis penyakit dalam terkait kondisi Anda. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan yang diperlukan, dan memberikan terapi yang sesuai untuk Anda.

Untuk sementara, lakukan hal-hal berikut ini:

  • Pastikan udara di rumah bersih, jika perlu gunakan air purifier
  • Gunakan masker apabila ke luar rumah, hindari debu, asap, dan polusi sebisa mungkin
  • Makan teratur, enam kali sehari dengan porsi kecil
  • Hindari makanan yang asam, pedas, dan berminyak
  • Hindari minuman bersoda dan berkafein
  • Jangan langsung berbaring setelah makan, setidaknya 3 jam

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mobil dihentikan petugas dengan APD untuk mengikuti PSBB akibat corona

Mengenal Status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Dampaknya

PSBB membatasi gerak masyarakat yang akhirnya memberikan dampak besar terutama pada bisnis. Maka dari itu, berbagai keputusan dibuat pemerintah untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dan beban pajak.