Sesak saat olah raga disertai sakit kepala, pusing dan tidak bisa melihat

R Info Penanya: R, Pria, 2019 Tahun
Assalamualaikum dokter,,saya ingin bertanya tentang penyakit nya saya,,,umur saya baru 26 tahun,,,,saat saya melakukan olah raga bola kaki,,pas saya main sakitar 15 menit paling lama ke nafas saya sesak,,susah untuk ngatur nafas,,dan kepalanya saya sakit dan pusing,,orang dh ngk kelihatan lagi ,,dh gelap smuaxa t,,,,, tp setelah istirahat sbntar ntar bkln hilng dan bkln bisa main lagi,,,saya mohon petunjuknya dok,,,dan obat xa dok,,karna hobi saya cuma satu t aj,, terimakasih ,,?????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Waalaikumsalam, R

Saat melakukan olahraga tubuh membutuhkan sumber energi yang lebih besar, sebagai kompensasi hal tersebut denyut jantung akan di tingkatkan untuk menyuplai glukosa dan nutrisi untuk mencukupi beban energi yang besar pada tubuh.

Pada kondisi yang anda alami dapat terjadi akibat beberapa hal seperti kurangnya oksigen atau glukosa darah saat melakukan olahraga sehingga jantung dan tubuh mengelami kekurangan sumber energi yang pada akhirnya memicu gejala sesak nafas, pusing dan pandangan jadi gelap. Kondisi ini biasa terjadi pada orang yang kurang makan sebelum olahraga, terlalu memaksakan diri saat olahraga karena jarang melatih tubuh.

Adanya gangguan pada jantung seperti penyempitan pembuluh jantung dan gangguan irama/ aritmia jantung juga dapat memicu keluhan sesak nafas, pusing dan pandangan gelap akibat pompa suplai darah oleh jantung ke otak dan tubuh terganggu. 

Saya sarankan untuk melakukan olahraga secara bertahap sesuai kemampuan tubuh, intensitas di tingkatkan secara perlahan. Konsumsilah makanan dengan gizi seimbang, perbanyak minum air putih. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan diri dengan dokter dahulu untuk memeriksa kondisi vital tubuh termasuk jantung dan paru anda

Salam sehat

dr. Zulham

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Detak jantung normal orang dewasa berada pada rentang 60-80 kali per menit

Apakah Detak Jantung Anda Sudah Normal? Ini Cara Menghitungnya

Detak jantung normal orang dewasa adalah 60-80 kali per menit. Anda dapat menghitungnya dengan menempelkan jari tangan di leher atau di pergelangan tangan. Jika memiliki detak jantung yang terlalu tinggi di atas 150 kali per menit, terlalu rendah di bawah 50 kali per menit, atau bahkan tidak teratur, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.