12 Oct 2021, 13:01Psikologi

Kenapa terasa sesak hanya saat mengendarai motor?

AR
Info Penanya: AR0
Saya mengalami sesak nafas, dada rasanya berat dan sedikit cemas(seperti membawa beban) saat akan berangkat dan pulang sekolah menggunakan sepeda motor, tetapi saat saya menaiki sepeda motor rasanya beban itu hilang, kira kira saya kenapa ya dok?
49 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaannya. Rasa sesak, dada terasa tidak nyaman dapat terjadi karena faktor penyakit di saluran napas, terlalu lelah, sering begadang, asam lambung yang naik hingga faktor psikologis seperti cemas berlebih, serangan panik, dan stres berat. Jika keluhan anda selalu dipicu saat mengendarai sepeda motor maka ada kemungkinan terjadi serangan panik.  Hal ini dapat dipicu akibat riwayat peristiwa yang berkaitan dengan sepeda motor. Misalnya melihat atau mengalami kecelakaan, terjatuh dari motor, hingga pernah menabrak dengan sepeda motor. 

Tindakan awal mengatasi sesak akibat panik dan cemas  :

  • Hindari pemicu, jika karena sepeda motor maka silahkan hindari mengendarai sepeda motor sampai dapat diatasi cemasnya. 
  • Alihkan pikiran dengan pikiran yang positif misal tidak akan terjadi apapun saat mengendarai sepeda motor, selama berhati-hati maka akan aman.  Dikembangkan pikiran-pikiran positifnya. 
  • Bicarakan kondisi yang dialami dengan keluarga atau teman terdekat. 
  • Sering melakukan rileksasi pikiran dan badan dengan ikut kelas meditasi atau yoga secara rutin.  
Bila keluhan yang dialami menganggu dalam aktivitas sehari-hari dan dengan cara yang dijelaskan tidak membantu maka anda dapat konsultasi dengan psikolog untuk membantu mengatasi keluhan cemas dan panik karena suatu benda.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
gangguan kecemasangangguan panikgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil