Bagaimana mengatasi sesak napas?

AP Info Penanya: AP, Pria, 22 Tahun
Assalamualaikum.malam dok. Maaf menggangu Mau tanya dok... Terapi atau olahraga apa yg bisa sy lakukan skrng ini.. tadi sore mau sholat ashar bangun kaget.jatung berdebar kencang.sesak nafas itu pengaruh apa dok?Itu awalnnya karna apa?SAmpai skrng punn bernafas harus sy kontrol..Itu saja dok trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sesak napas merupakan suatu keadaan di mana tubuh tidak mendapatkan pasokan udara yang cukup sehingga tubuh melakukan kompensasi dan timbullah rasa tidak nyaman di dada.

Sesak napas disebabkan karena gangguan jantung dan paru-paru. Dua organ ini sering dikaitkan dengan gejala tersebut. Selain karena gangguan pada jantung dan paru-paru, bisa juga disebabkan karena meningkatnya asam lambung, gangguan cemas, panik, dan juga stres. 

Terkait dengan gejala sesak napas yang Anda alami ini, kemungkinan penyebabnya karena salah satu kondisi diatas. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter agar dapat diperiksa dan ditangani dengan tepat. 

Untuk olahraga, sebaiknya Anda tidak melakukan olahraga yang berat dulu jika kondisi Anda masih sesak napas. Lakukanlah olahraga yang ringan seperti jalan pagi atau jalan sore. Jika Anda merasa sesak napas sekali, minta pertolongan ke orang-orang sekitar Anda untuk memposisikan badan dengan baik agar jalur pernapasan Anda terbuka. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pekerja konstruksi harus lebih berhati-hati, karena rentan mengalami penyakit paru-paru

10 Pekerjaan Berisiko untuk Penyakit Paru paru

Paru-paru merupakan organ yang bekerja tanpa henti dan tidak jarang orang yang paru-parunya terserang penyakit. Ternyata, beberapa jenis pekerjaan dapat memicu penyakit paru-paru seperti bartender, tenaga kesehata hingga pekerja tambang batu bara.