Apa saya terinfeksi COVID 19?

SW Info Penanya: SW, Wanita, 26 Tahun
Halo dok saya mau tanya, saya sesak napas sudah 4 hari, tenggorokan seperti ada yang mengganjaltetapi tidak sakit saat menelan, kepala serasa demam tapi tidak demam, kira2 kenapa ya dok ? Mengingat gejala covid-19 terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SW,

Corona adalah infeksi virus yang saat ini sedang melanda seluruh belahan bumi termasuk Indonesia. Penyakit ini disebut juga sebagai COVID 19.

Gejala-gejala yang muncul pada infeksi corona ini adalah :

  • Demam di atas 38oC.
  • Batuk.
  • Pilek.
  • Sesak napas.
  • Nyeri menelan.
  • Badan sakit semua, linu-linu.
  • Pusing, dll.

Tidak ada gejala yang spesifik menunjukkan ini infeksi virus corona, semuanya tumpang tindih dengan penyakit lainnya dari yang ringan seperti ISPA, radang tenggorokan hingga ke yang berat seperti demam berdarah, demam typhoid atau adanya kecemasan dan kepanikan yang berlebihan sehingga merasa tubuh seperti sedang sakit padahal pada pemeriksaan baik-baik saja.

Perihal keluhan yang Anda rasakan, sesak napas bisa disebabkan oleh asam lambung yang naik ke tenggorokan (GERD). Hal ini mungkin terjadi karena Anda terlalu panik perihal corona, timbul stres sehingga merangsang produksi asam lambung yang berlebihan.

Asam lambung ini akan dianggap sebagai benda asing oleh tenggorokan sehingga tenggorokan akan membuangnya melalui dahak. Dan pada GERD ini memang akan timbul keluhan sesak napas, napas terasa berat, dada panas, dan sering bersendawa.

Saat ini yang dapat Anda lakukan adalah usaha pencegahan dengan cara :

  • Makan secara teratur, porsi kecil namun sering.
  • Hindari makanan pedas, asam, kopi, soda.
  • Jangan stres.
  • Rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
  • Hindari kebiasaan menyentuh wajah terutama bibir, hidung, dan mata.
  • Minum antacida untuk meredakan asam lambung.
  • Usahakan tetap di dalam rumah, jangan keluar rumah bila tidak ada kebutuhan mendesak.
  • Pakai masker bila Anda sedang tidak enak badan.
  • Cukup tidur.

Bila sudah mengikuti saran di atas, namun belum ada perbaikan, maka Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk memastikan kondisi paru Anda.

Salam sehat,

dr. Vina.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh WH
27 Mar 2020, 22:57
sama saya juga merasakan hal yang sama, boleh berbagi jawaban
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Mar 2020, 07:02
Silakan membaca jawaban dari tim dokter kami di atas ya, WH. Terima kasih :)
Dibalas oleh DE
28 Mar 2020, 07:08
Dokter jika orang sedang dalam pengobatan paru-paru dengan minum obat paru rutin 6-8 bulan apakah boleh dia juga tiap hari minum MADU HITAM PAHIT, sari kurma, madu asli, susu kambing?. Yg sedang sakit usia 79 tahun.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
28 Mar 2020, 07:58
Selamat pagi DE,
Selama yang diminum madu murni, susu maka boleh saja untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tentunya obat harus diminum secara rutin juga ya, dan kontrol ke dokternya secara berkala.
Salam sehat,
dr. Vina
Dibalas oleh SW
28 Mar 2020, 10:01
Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Mar 2020, 07:02
Sama-sama, SW. Sehat selalu ya.
Dibalas oleh SM
05 May 2020, 05:35
Dokk saya mau tanya, tenggorokan saya terasa ada yang mengganjal dok disertai perut saya sampe bagian ulu hari perih apalagi pas ditekan dan sering mual atau perut kembung dan begah. Sesekali nagas terasa berat apalagi penekanan di bagian perut terasa sakit kenapa ya dokk??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
05 May 2020, 16:50
Sore SM,
Keluhan yang dirasakan bisa berasal dari gangguan saluran pencernaan seperti maag ataupun asam lambung yang meningkat. Jadi coba perhatikan pola makan agar bisa makan sedikit tapi sering dan hindari makanan yang bisa memicu iritasi lambung seperti makanan pedas, asam, bersantan ataupun kopi, teh, cokelat dan soda.
Salam sehat.
Dibalas oleh AN*
07 May 2020, 09:31
Permisi Dok, saya ingin bertanya perihal gatal tenggorokan dan dada saya yang terkadang terasa sakit, terkadagng seperti sesak. Tapi saya tidak demam, tidak juga pilek. Apakah ada kemungkinan saya terpapar virus corona? Terima Kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
07 May 2020, 14:24
Selamat sore, AN.
Perihal gatal tenggorokan yang Anda alami jika tidak disertai dengan demam tinggi batuk dan sesak kemungkinan bukan diakibatkan oleh Virus Corona melainkan bisa saja karena konsumsi makanan yang pedas dan berminyak, atau terpapar alergen debu bahkan asap rokok. Namun jika kondisi ini terus berlanjut sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter spesialis THT ya, sementara Anda bisa minum air hangat dan minum madu saja 1 sendok setiap hari.
Salam sehat.
Dibalas oleh AN*
07 May 2020, 14:30
Selamat sore Dokter, Terima kasih atas informasi dan saran penanganannya. Sukses selalu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
24 May 2020, 07:38
Selamat pagi, AN.
Sama-sama, semoga bermanfaat. Terima kasih atas pertanyaannya.
Dibalas oleh AA
07 May 2020, 17:33
Mau nanya tenggorokan ku serasa ada yg mngganjal dan membuat saya sakit dada kayak keselek makanan, penyebababx apa dan obatx apa??? Mhn infox
Dibalas oleh AA
07 May 2020, 17:39
Tenggorokan serasa ada yg mngganjal dan sy sakit dada kayak keselek makanan penyebabx apa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
24 May 2020, 07:37
Selamat pagi AA,
Bisa disebabkan karena radang tenggorokan, radang amandel, virus, bakteri, dan lain-lain ya. Hindari dulu makanan pedas dan berminyak, serta konsumsi vitamin C ya. Jika tidak ada perbaikan, periksakan ke dokter. Terima kasih.
Dibalas oleh YA
23 May 2020, 09:34
Setiap bangun pagi dada terasa kaku dan nyeri. Sudah 3 minggu ini sakit tak kunjung sembuh. Ruam juga di kaki tapi skrg sudah terkelupas, tidak gatal dan tidak luka. Demam tapi minum air hangat ilang. Sya sakit apa ya dok ? Ini sudah 3 minggu 2 hari.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
24 May 2020, 07:36
Selamat pagi YA,
Dada kaku dan nyeri bisa disebabkan oleh tulang, otot, kulit, maupun organ dalam seperti jantung atau paru-paru. Sebaiknya periksakan kedokter spesialis penyakit dalam ya, agar dilakukan tes laboratorium, EKG, dan radiologi untuk mengetahui penyebab pastinya. Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ragam obat radang tenggorokan di apotik memiliki bahan aktif yang berbeda-beda pula

Kandungan Bahan Aktif dalam Obat Radang Tenggorokan di Apotik

Radang tenggorokan umumnya bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa waktu, kecuali jika penyebabnya adalah bakteri. Penggunaan obat radang tenggorokan dengan resep dokter di apotik dapat meredakan gejala radang hingga sembuh.