Sesak napas sudah dua tahun. Bagaimana menanganinya??

F Info Penanya: F, Wanita, 23 Tahun
Dokter,saya ingin bertanya udah hampir dua tahun ini saya mengalami sesak nafas,lalu tenggorokan seperti mengganjal dan sulit buang dahak.waktu saya cek ke puskesmas dikasih obat radang,tapi ga sembuh.Waktu kecil saya punya bronkitis sempat berobat jalan tapi tidak sampai tuntas.Apa mungkin ada kaitannya dengan penyakit lama saya dok?dan ibu saya dulu punya jantung setelah saya lahir saya kena penyakit bronkitis.Ini bagaimana ya dok minta solusinya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang,F

Terimakasih sudah bertanya di SehatQ!

Keluhan anda dapat disebabkan oleh :

- Asma : Asma adalah kondisi dimana sesak napas, terdapat suara 'ngik' saat bernapas dan keluhan ini dipicu oleh udara dingin, stres, debu dan faktor keturunan.

- Penyakit paru obstruksi kronis: Penyakit ini sering terjadi pada perokok berat dengan keluhan sesak napas dan batuk.

- Radang amandel : Kondisi ini dapat trjadi ketika amandel membesar karena makanan yang digoreng, makanan manis, merokok. Keluhan berupa sesak karena amandel bisa menutupi saluran napas

Disarankan ke dokter spesialis paru ya untuk memastikan kondisi anda. https://www.sehatq.com/dokter/cari-dokter?keyword=paru&region= klik link ini untuk mencari spesialis paru terdekat area anda.

Tips untuk anda :

  1. Istirahat
  2. Tidak merokok
  3. Tidak berada dilingkungan asap rokok
  4. Gunakan masker saat berpergian
  5. Bersihkan area rumah dari debu
  6. Buka jendela rumah untuk pertukaran udara
  7. Hindari stres
  8. Atur suhu ruangan agar sejuk dan tidak terlalu dingin
  9. Batasi konsumsi kopi/teh maksimal 3 cangkir perhari

Ke UGD jika mengalami, sesak napas berat, batuk darah dan demam tinggi

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh F
26 Jul 2019, 00:03
Kebetulan saya tidak merokok dok,,dan jarang juga menghirup asap rokok dari orang lain.Untuk nafas nya tidak bersuara hanya saja terasa berat dok,,sehingga kesulitan untuk mengatur nafas.Yang paling mengganggu sulit buang dahaknya soalnya batuk saya kering.Saya udah coba banyak minum air putih,,tapi ga tau kenapa kalau minum air putih bawaan nya suka mual dok,,apalagi dalam jumlah banyak ga kuat saya pasti langsung nyerah ga mau minum air putih lagi.trus saya ganti sama minum air teh hangat.Tapi kenapa bisa gitu ya dok ?repot juga ga suka air putih.padahal itu sumber kesehatan.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak hanya bakteri penyebab infeksi, bakteri baik juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan

Tak Selalu Jahat, Ini Pengertian Bakteri yang Perlu Anda Tahu

Bakteri tak selamanya jahat dan merugikan kesehatan. Ada jenis-jenis bakteri yang justru bermanfaat bagi tubuh manusia. Untuk itu, mari kenali pengertian bakteri lebih dalam serta fakta-fakta lainnya.