04 May 2021, 20:36Pernapasan

Apakah stres dapat menyebabkan sesak nafas?

KK
Info Penanya: KK0
Akhir2 ini saya sering stres dan banyak pikiran dan saya merasa setiap stres napas saya terasa sesak dan berat. Apakah kedua hal tersebut saling berkaitan? Atau adakah penyebab lain yang membuat napas saya terasa berat?
78 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Pagi KK,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Stres merupakan keadaan dimana tubuh mengalami gangguan pikiran akibat dari tuntutan kehidupan. Stres dapat mempengaruhi tubuh, karena saat Anda mengalami stres umumnya tubuh akan menghasilkan hormon kortisol. Ketika hormon kortisol meningkat dapat menganggu tekanan darah dan saluran pernafasan sehingga terjadi sesak nafas.Sesak nafas yang muncul karena stres biasanya akan membaik dengan sendirinya jika stres sudah di tangani dengan baik. Namun jika stres tidak kunjung membaik tentunya akan menganggu aktifitas sehari-hari. Sehingga sebaiknya Anda segera menangani stres Anda.

Beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi sesak nafas saat stres :

  • Rilekskan pikiran dan coba atur nafas dengan baik
  • Hindari untuk memikirkan hal-hal negatif atau stres
  • Latihan relaksasi seperti yoga
  • Dengarkan musik yang Anda sukai
Jika Anda mengalami stres sebaiknya konsultasikan ke psikiater atau psikolog untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selalu jaga kesehatan dengan makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, konsumsi air putih minimal 2-3 liter/hari, istirahat cukup minimal 6-8 jam/hari, managemen stres dengan baik.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
stressesak napasgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil