27 Apr 2021, 23:15Pernapasan

Sesak napas dan batuk setiap malam, apa obatnya?

R1
Info Penanya: R10
dok aku mau tanya kan aku lagi hamil baru 3 bulan ko sesak napas ku selalu kambuh tiap malam kenapa yah dok cape dok tiap malam sesak napas batuk..obat nyah apa dok?
67 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam R,Sesak napas dan batuk yang hanya kambuh pada malam hari mengarah ke kondisi alergi, atau penyakit asma. Pada saat terpapar alergen yang terhirup dari saluran napas, biasanya saluran napas akan menyempit. Hal ini menyebabkan rasa sesak karena kurangnya oksigen yang masuk ke dalam paru-paru.Untuk itu, disarankan agar Anda melakukan hal-hal berikut:
  • bersihkan kamar tidur dari debu dan polusi, termasuk pada gorden dan filter AC (yang sering tidak disadari)
  • hindari dulu udara yang terlalu dingin
  • jauhkan bulu boneka ataupun selimut berbahan wol
  • gunakan aromaterapi pada kamar dengan essential oil
Apabila tidak membaik dengan cara-cara tersebut, disarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan dan kulit. Nantinya kedua dokter tersebut akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan penunjang yang aman bagi wanita hamil, misalnya laboratorium atau uji spirometri. Setelah dipastikan penyebabnya, dokter akan memberikan terapi yang sesuai.Apabila benar asma, nantinya Anda akan diberikan terapi berupa obat-obatan, baik obat hirup maupun obat minum. Biasanya akan ada dua kelompok obat; kelompok pertama untuk mengurangi gejala, dan kelompok kedua untuk mengontrol agar tidak kambuh. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
hamilasmasesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil