Apakah sesak napas sudah pasti covid?

JG Info Penanya: JG, Wanita, 1 Tahun
Saya sesak napas udah 1 Minggu ini apakai itu gejalah covid dokDan kadang2 pusing
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi JG,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Sesak napas merupakan keadaan ketika Anda kesulitan dalam bernapas atau tidak cukup mendapat asupan udara. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa mengalami sesak napas, seperti obesitas, berolahraga terlalu berat, berada di tempat dengan suhu ekstrem, atau berada di daerah dengan ketinggian tertentu. 

Sesak napas juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu seperti pilek, alergi, asma, anemia, sinusitis, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan infeksi saluran pernapasan seperti, tuberkulosis, pneumonia dan infeksi virus corona.

Berdasarkan keluhan yang Anda berikan, sesak napas memang salah satu gejala corona, namun perlu di evaluasi lebih lanjut, apakah ada gejala lain seperti demam, batuk, pilek atau terpapar dengan seseorang yang terkena corona.

Untuk mengatasi keluhan yang Anda alami dengan mencari udara segar, memperhatikan sirkulasi yang ada di rumah, hirup uap hangat untuk melegakan pernapasan. Jika keluhan tidak kunjung membaik sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter paru untuk memastikan penyebab pasti dari keluhan Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masker motor penting digunakan saat berkendara

Tips Memilih Masker Motor yang Aman saat Pandemi Corona

Masker motor sangat penting digunakan saat berkendara karena berfungsi melindungi wajah dari polusi. Jangan sembarangan memilih masker motor karena bisa berbahaya bagi Anda. Berikut adalah tips memilih masker motor.