18 Nov 2019, 16:05Pernapasan

Sesak napas pada perokok aktif, apa penyebabnya?

L
Info Penanya: L, Wanita, 28 Tahun
Malam dok, saya ingin menanyakan keluhan saya. Saya Eko umur 23 tahun dan saya mengalami sakit sesak di dada saya hingga ke punggung. Biasanya nyeri dan kesulitan bernafas karena sesak di malam hari. Saya memang merokok dan lingkungan saya pun merokok. Apakah ini ada hubungannya ya dok dengan nyeri di dada saya?
62179 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat malam E,Terimakasih atas pertanyaan Anda.Sesak napas adalah suatu kondisi ketika tubuh tidak mendapatkan pasokan udara yang cukup pada paru-paru sehingga membuat perasaan tidak nyaman.Penyebabnya adalah karena adanya gangguan jantung dan paru-paru sehingga kurang dalam mengedarkan oksigen ke tubuh. Selain itu, penyakit yang dapat menyebabkan sesak nafas adalah asma, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis), gangguan jantung, obesitas, pneumonia, pneumothoraks, anemia, serangan jantung, keracunan monoksida.Kandungan berbahaya yang terdapat pada rokok adalah nikotin, tar, karbon monoksida yang dimana zat-zat tersebut sangat mengganggu sistem pernapasan. Untuk itu, alangkah baiknya jika kebiasaan merokok ini segera dihentikan agar tidak terjadi kerusakan organ di dalam tubuh khususnya jantung dan paru-paru. Memang tidak mudah untuk berhenti dari kebiasaan tersebut. Jika Anda kesulitan, Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sesak nafas adalah:

  • Bernapas lewat mulut
  • Bernapas dalam-dalam
  • Melakukan posisi tertentu seperti berdiri dengan menyandarkan punggung dan pinggang pada tembok
  • Melakukan gaya hidup sehat seperti berhenti merokok, olahraga ringan, konsumsi makanan sehat
Jika keluhan sesak nafas Anda semakin sering dirasakan dan sangat mengganggu kegiatan, maka Anda dapat segera melakukan konsultasi kepada dokter spesialis paru terdekat.Salam sehat,Dr. Ester  
penyakit paru-paruberhenti merokoksesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil