Sesak napas pada perokok aktif, apa penyebabnya?

L Info Penanya: L, Wanita, 28 Tahun
Malam dok, saya ingin menanyakan keluhan saya. Saya Eko umur 23 tahun dan saya mengalami sakit sesak di dada saya hingga ke punggung. Biasanya nyeri dan kesulitan bernafas karena sesak di malam hari. Saya memang merokok dan lingkungan saya pun merokok. Apakah ini ada hubungannya ya dok dengan nyeri di dada saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam E,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sesak napas adalah suatu kondisi ketika tubuh tidak mendapatkan pasokan udara yang cukup pada paru-paru sehingga membuat perasaan tidak nyaman.

Penyebabnya adalah karena adanya gangguan jantung dan paru-paru sehingga kurang dalam mengedarkan oksigen ke tubuh. Selain itu, penyakit yang dapat menyebabkan sesak nafas adalah asma, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis), gangguan jantung, obesitas, pneumonia, pneumothoraks, anemia, serangan jantung, keracunan monoksida.

Kandungan berbahaya yang terdapat pada rokok adalah nikotin, tar, karbon monoksida yang dimana zat-zat tersebut sangat mengganggu sistem pernapasan. Untuk itu, alangkah baiknya jika kebiasaan merokok ini segera dihentikan agar tidak terjadi kerusakan organ di dalam tubuh khususnya jantung dan paru-paru. Memang tidak mudah untuk berhenti dari kebiasaan tersebut. Jika Anda kesulitan, Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sesak nafas adalah:

  • Bernapas lewat mulut
  • Bernapas dalam-dalam
  • Melakukan posisi tertentu seperti berdiri dengan menyandarkan punggung dan pinggang pada tembok
  • Melakukan gaya hidup sehat seperti berhenti merokok, olahraga ringan, konsumsi makanan sehat

Jika keluhan sesak nafas Anda semakin sering dirasakan dan sangat mengganggu kegiatan, maka Anda dapat segera melakukan konsultasi kepada dokter spesialis paru terdekat.

Salam sehat,

Dr. Ester  

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh L
20 Nov 2019, 11:42
Sangat informatif, terima kasih dokter.
Dibalas oleh RA
23 Feb 2020, 16:05
hello dokaku ari..aku sudah tidak merokok 3 minggu secara mendadak...selama itu..aku ga bisa bernapas secara normal..ini membuat tidurku terganggu dan juga aktivitas harianku..aku ga batuk..cuman mulutku terasa kering terutamanya diwaktu malam..dan jugak kalo aku berus gigi..ada lendir yang amat pekat keluar dari mulutku..mohon pencerahan dok..
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala radang paru-paru atau Kanker Paru yang berkepanjangan bisa mengindikasikan adanya penyakit lain

Apa Perbedaan Gejala Radang Paru-Paru dengan Kanker Paru?

Gejala radang paru-paru yang terlihat adalah batuk berdahak, demam, berkeringat, menggigil, rasa sakit di dada saat bernapas atau batuk, mual, muntah, diare, sesak napas, dan kelelahan. Gejala ini dapat dicegah dengan tidak merokok, mengecek kadar radon, diet dan olahraga.