27 Oct 2021, 01:59Perut

Sesak napas dibagian ulu hati kenapa?

NS
Info Penanya: NS0
Assalamualaikum dok, sya mau tanya klo sering sesak napas kadang larinya ke ulu hati itu kenapa ya dok, trus kaya penuh isi perutnya kaya kelihatan besar bgtu, pdhl makan saya sedikit sya lebih bnyak minum air putih, dan juga sering sulit untuk ber sendawa mohon dibantu jawab dok terimakasih??
154 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Nyeri ulu hati, kembung dan sulit sendawa adalah gejala yang disebabkan oleh gangguan pada sistem pencernaan dan bisa disertai oleh gejala lain seperti mual, muntah, rasa sesak, hingga rasa panas di dada dan mulut menjadi asam atau pahit.

Penyebab nyeri ulu hati

Peningkatan asam lambung hingga terasa ke tenggorokan bisa juga disebabkan oleh GERD yaitu refluks asam lambung namun jika keluhan cukup ringan maka bisa juga disebabkan karena makan terlalu banyak atau terlalu terburu-buru. Jika keluhan ini sudah sering terjadi makan penting untuk menjaga pola hidup sehat termasuk menjaga pola makan dan pola tidur.Untuk menangani keluhan ini, akan lebih baik jika Anda dapat makan dengan porsi kecil dengan waktu yang sering misalnya setengah porsi yang terbagi mnejadi 5-6x makan, hindari berbaring setelah makan, hindari makanan pedas, berlemak, asam, kopi, alkohol, dan soda. Anda juga dapat mengkonsumsi obat antasida tiga kali sehari sebelum makan untuk mengatasi keluhan. Namun jika dalam 3hari keluhan tidak membaik, maka konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan lebih lanjut.Baca juga forum terkait :Nyeri ulu hati hingga ke belakangMengatasi sesak napas karena maagSalam sehat
dr. Evelin Kwandang
asam lambungmaaggerd
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil