sesak napas di tempat tinggi, lembab

JS Info Penanya: JS, Pria, 33 Tahun
Klo di tmpat yg lembab atau lg di pegunungan, nafas suka pengap...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore.

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sesak napas adalah kondisi dimana tubuh tidak mendapat cukup asupan udara atau kesulitan dalam bernapas, ditandai dengan meningkatnya laju napas. Untuk mengetahui penyebab dari sesak napas diperlukan pemeriksaan oleh dokter, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang yang dilakukan diantaranya adalah tes lab darah, pemeriksaan rontgen bagian dada, dan juga tes untuk mengetahui fungsi pernapasan atau spirometri.

Timbulnya sesak napas saat mendaki gunung atau di tempat lembab dapat disebabkan oleh kondisi yang disebut dengan acute mountain sickness (AMS). Sampai saat ini munculnya kejadian AMS tidak dapat diprediksi. Namun terdapat beberapa faktor yang dapat mencetuskan timbulnya AMS, di antaranya memiliki riwayat AMS sebelumnya, konsumsi minum beralkohol, aktivitas berlebihan saat tubuh belum beradaptasi dengan ketinggian, pendakian yang terlalu cepat (mencapai ketinggian 2700 mdpl kurang dari 1 hari), dan riwayat penyakit pernapasan sebelumnya.

Pada kondisi udara dengan kelembapan yang tinggi, zat - zat alergen seperti tungau debu, jamur, dan polutan menjadi lebih banyak dan apabila zat - zat tersebut masuk ke sistem pernapasan, maka akan dianggap sebagai benda asing dan mencetuskan sesak napas

Sesak napas tidak dapat dianggap remeh, segera periksakan diri ke dokter.

Salam sehat,

dr. Christine V

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanaman dalam ruangan bisa memperindah rumah sekaligus menyehatkan

Jarang Disadari, Tanaman dalam Ruangan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kabar baik bagi Anda para pecinta tanaman! Tidak hanya menyejukkan dan indah dipandang, memelihara tanaman dalam ruangan ternyata memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Lantas, tanaman apa saja yang dipercaya bagus untuk kesehatan?