Sesak napas apakah saya terkena Corona?

IS Info Penanya: IS, Pria, 32 Tahun
Dok sya mau tanya,.sdh 1 minggu saya sesak nafas,. Sya tidak batuk,.tidak demam,. Cma hidng sya tersumbat sebelah ap sya terkena korona
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Hidung tersumbat dapat terjadi ketika jaringan di dalam hidung terganggu. Gangguan bisa disebabkan iritasi karena menghirup polusi udara, baik dari asap kendaraan atau pajanan asap rokok. Penyebab lain dari hidung tersumbat adalah alergi, sinusitis, dan infeksi, contohnya ISPA dan influenza. Hidung tersumbat bisa membuat Anda tidak nyaman dan bisa juga menimbulkan sesak napas.

Gejala sesak napas, batuk dan pilek, demam memang gejala COVID-19, namun tidak semua gejala tersebut pasti terkena COVID-19, bisa juga terken infeksi saluran pernapasan lainnya yang di sebabkan oleh infeksi bakteri, virus maupun lainnya. Perlu diperhatikan apakah ada risiko Anda terkena atau kontak dengan pasien COVID-19 atau berpergian ke daerah yang terkenan COVID-19.

Untuk mengatasinya Anda dapat meningkatkan imunitas dengan konsumsi makanan yang bergizi perbanyak sayur dan buah, cukup istirahat dan meningkatkan daya tahan tubuh, dan tetap jaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum makan atau memegang di daerah wajah, menggunakan masker saat Anda keluar rumah karena sedang flu. Jika keluhan Anda tidak membaik hampir selama seminggu, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter atau fasilitas terdekat.

Semoga bermanfaat,

Salam seha,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Avigan favipiravir dikabarkan efektif menangani infeksi corona

Avigan Favipiravir, Obat yang Dianggap Efektif Menangani Corona

Avigan memiliki zat aktif bernama Favipiravir yang dilaporkan Cina dapat bekerja efektif mengatasi infeksi corona. Obat ini disebut dapat membantu menyembuhkan pasien