Kenapa sesak napas setelah HD?

MD Info Penanya: MD, Wanita, 21 Tahun
Selamat siang dok. Dok kenapa pada pasien ckd setelah melakukan hd nafasnya semakin sesak, pruritus, tekanan darah dan edema meningkat dok? Seharusnya setelah hd sesak nafas, pruritus, tekanan darah edema berkurang walaupun tidak signifikan dok. Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MD,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Chronic Kidney Disease (CKD) atau Penyakit Ginjal Kronis (PGK) merupakan kondisi fungsi ginjal menurun secara bertahap karena kerusakan ginjal. Secara medis, gagal ginjal kronis didefinisikan sebagai penurunan laju penyaringan atau filtrasi ginjal selama 3 bulan atau lebih.

Dalam kondisi gagal ginjal kronis, cairan dan elektrolit, serta limbah dapat menumpuk dalam tubuh. Gejala dapat terasa lebih jelas saat fungsi ginjal sudah semakin menurun. Pada tahap akhir CKD , kondisi penderita dapat berbahaya jika tidak ditangani dengan terapi pengganti ginjal, salah satunya cuci darah.

Cuci darah dilakukan sebagai suatu cara untuk menggantikan fungsi ginjal yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Meski membawa manfaat, namun perlu diketahui ada sejumlah efek samping cuci darah yang perlu diwaspadai seperti :

  • Tekanan darah yang meningkat atau menurun
    Terutama pada pasien yang menderita diabetes. Gejala yang lain yang mungkin terjadi adalah sesak napas, kram perut atau mual muntah. Kondisi ini bisa di perparah jika Anda mengkonsumsi garam berlebihan.
  • Kulit gatal
    Akibat penumpukan fosfor dari cuci darah.
  • Anemia

Sebaiknya untuk mengatasi keluhan Anda tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi dan batasi kebutuhan cairan Anda, jika keluhan berlanjut sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh MD
23 Mar 2020, 11:02
Kulit terasa gatal disebabkan penumpukan fosfor dari cuci darah tersebut sedangkan penyebab sesak nafas meningkat dan terjadinya mual muntah dok tersebut kenapa dok? Tolong jelaskan dok. Terima kasih dok
Dibalas oleh MD
23 Mar 2020, 11:04
Kulit terasa gatal disebabkan penumpukan fosfor dari cuci darah tersebut sedangkan penyebab sesak nafas meningkat dan terjadinya mual muntah tersebut kenapa dok? Tolong jelaskan . Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
23 Mar 2020, 13:12
Selamat siang MD,
Penyebab timbulnya sesak nafas pada penderita gagal ginjal kronis, dapat dikarenakan oleh ketidakmampuan ginjal untuk mencuci darah dan cairan tubuh yang seharusnya dikeluarkan dan akhirnya menumpuk pada tubuh. Oleh karena menumpuk pada tubuh, makan paru-paru akan menjadi " terendam ", sehingga paru-paru tidak dapat dengan baik mengambil oksigen dari udara yang dihirup sehingga timbulah sesak.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cuci darah atau dialisis adalah prosedur untuk menyingkirkan zat limbah di tubuh pada penderita gagal ginjal

Memahami Cuci Darah yang Membantu Pasien Gagal Ginjal

Saat menderita gagal ginjal, tubuh penderitanya akan mengalami penumpukan zat limbah dan cairan. Keadaan tersebut dapat diatasi dengan cuci darah. Seberapa penting cuci darah tersebut?