sesak nafas saat dingin

RK Info Penanya: RK, Wanita, 18 Tahun
Sesak nafas, dan dada terasa berat saat kedinginan, di malam hari dan saat cuaca dingin, kira2 bahaya kah? Atau harus diperiksakan ke dokter? Dan bagaimana cara menanganinya. Selain itu, adakah kaitannya dengan gangguan organ dalam, seperti jantung, misalnya. Mohon dibantu untuk dijawab pertanyaan saya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore RKP!

sesak nafas pada cuaca dingin tidak selalu dialami oleh orang pada umumnya. pada orang-orang yang memiliki riwayat alergi tertentu keadaan dingin dapat memicu terjadinya penyempitan jalan nafas sehingga memicu keluhan sesak nafas dan dada yang terasa berat. keluhan tersebut ditandai salah satunya dengan terdengarnya suara mengi. 

gejala lain yang dapat timbul adalah batuk dan bersin.

untuk memastikan penyebabnya adalah suatu alergi ataupun bukan, bahaya atau tidak, perlu pemeriksaan secara langsung oleh dokter. saya sarankan jika keluhan sering dirasakan dan sudah menganggu aktifitas untuk segera periksakan diri anda ke dokter secara langsung.

beberapa tips untuk penanganan sesak nafas yang anda dapat lakukan dirumah

  • cari posisi terenak dan ternyaman untuk bernafas, biasnya dengan duduk , tangan direntangkan dan agak sedikit menunduk
  • nafas lewat mulut
  • nafas dalam-dalam lalu atur pola pernafasan setiap menarik dan menghembuskan nafas
  • jika sesak coba minum air hangat perlahan, hindari minum atau makan terlalu cepat untuk menghindari risiko masuk ke saluran pernafasan

semoga bermanfaat

salam sehat

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)