28 Jun 2021, 03:55Pernapasan

Apakah sesak napas tanda dari COVID-19?

SN
Info Penanya: SN0
Dok.. akukan punya polip di kedua hidung.. seminggu ini q sesak nafas tp gk da keluhan pilek batuk penciuman perasa jg bagus.cuman sesak. trs q berobat ke dokter, alhamdulillah agk mndingan and gk sesak nafas lg, tapi setelah kmarin obatnya abiz... aku merasakan sesak nafas dan gk bisa tidur,tenggorokan rasanya gk nyaman kyk ada lending yg menyumbat pernafasan,trs minum ambroxol and pake uap buatan air hangat kasih bawang putih dan minyak kayu putih alhmdulillah agk lega dikit... apa itu covid.
187 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, SN                     Terima kasih atas pertanyaannya.Sesak napas adalah kondisi saat kesulitan dalam menarik napas sehingga napas terasa tidak lega atau penuh.  Rasa sesak ini dapat disertai dengan keluhan seperti nyeri dada, batuk, flu, sakit tenggorokan, keringat dingin, demam. 

Penyebab terjadinya sesak napas :

  • Asma yaitu peradangan di saluran napas kronik saat terjadi paparan alergen seperti debu, asap, udara, makanan, zat kimia, hingga pewangi.
  • Infeksi di paru-paru bisa karena COVID-19, pneumonia, penyakit paru kronis, bronkitis, serta TBC.
  • Asam lambung yang naik (GERD) akan membuat gas menekan dada sehingga muncul keluhan seperti sulit mengambil napas dengan baik.
  • Gangguan di jantung.
  • Obesitas. 
  • Gangguan psikologis seperti serangan panik.
Polip hidung yang sudah berat dan menutup keseluruhan rongga hidup dapat menyebabkan sesak namun biasanya diikuti dengan hidung tersumbat, penurunan penciuman dan infeksi berulang.Saat ini sesak napas termasuk pada gejala COVID-19 namun juga bisa akibat infeksi pernapasan lainnya.  Anda dapat pastikan keluhan merupakan gejala COVID-19 atau tidak dengan melakukan swab PCR 3-4 hari setelah gejala muncul.  Bila hasil positif, lakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Sementara ini tetap lanjutkan hirup uap hangat, lalu perbanyak air putih hangat, hindari pemicu sesak napas, istirahat cukup, kelola stres dan cemas, serta tambahkan vitamin, dan batasi bertemu orang serta keluar rumah. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
asmainfeksi saluran pernapasangerdsesak napaspolip hidungcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil