24 Jun 2021, 14:51Penyakit Lainnya

Sesak nafas di bagian dada dan perut penuh

ED
Info Penanya: ED0
Bismillah.. Dok saya mau tanya Udah bbrp hari ini saya merasakan sesak nafas yang di bagian dada terasa seperti ada yang menghalangi. Dan itu membuat saya tidak nyaman sampai sakit ke bagian punggung. Selanjutnya perut bagian atas terasa penuh dan tenggorokan sakit tapi untuk nelan tidak ada rasa sakit. Mohon jawabannya ya dok _?
150 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang ED,Sesak nafas di bagian dada adalah keluhan yang bisa disebabkan beberapa kondisi, mulai dari masalah pada saluran pernapasan, masalah pencernaan seperti penyakit asam lambung, ataupun karena organ lain yang menjadi penyebabnya.Sering kali yang jadi penyebabnya adalah maag ataupun asam lambung yang naik ke tenggorokan dan menimbulkan iritasi atau sering dikenal dengan istilah refluks atau GERD. Kondisi ini bisa menimbulkan beberapa gejala seperti:
  • Tenggorokan terasa mengganjal
  • Merasa dada sesak
  • Dada terasa panas atau disebut heartburn
  • Nyeri ulu hati
  • Perut terasa begah atau penuh
Untuk mengatasinya perlu dilakukan perbaikan keseharian seperti perbaikan pola makan, menghindari pantangan makan, bisa kelola stres juga karena psikologis juga bisa menjadi pemicu timbulnya gejala. Bisa minum obat pereda asam lambung seperti antasida misalnya. Periksakan pada dokter atau dokter spesialis penyakit dalam jika keluhan tidak membaik untuk dipastikan penyebabnya dan diberikan pengobatan yang sesuai. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
asam lambungmaaggerd
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil