23 Jun 2021, 13:20Pernapasan

Sesak nafas disertai adanya cairan di pernapasan

P
Info Penanya: P0
Halo dok. 2 hari ini saya merasa sesak nafas. Seperti ada cairan diarea saluran pernafasan. Jadi setiap sesak saya batukkan buat ngeluarin dahaknya. Setelah batuk sedikit plong tapi terus sesak lagi, jadi saya batukkan secara berulang. Sesak nafas saya disertai dengan demam dan flu. Sebelumnya ada riwayat asma karena bulu kucing. Kira-kira ini sakit apa ya dok?
46 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang P,Sesak napas adalah keluhan yang bisa berkaitan dengan beberapa organ penyebab seperti yang utama saluran pernapasan, bisa juga dari jantung, dari saluran pencernaan ataupun masalah pada otot-otot pernapasan.Apabila terasa sesak dan sebelumnya ada demam dan flu maka bisa besar kemungkinannya dari saluran pernapasan. Beberapa gangguan saluran pernapasan yang bisa membuat sesak sendiri diantaranya adalah:
  • Flu dan hidung tersumbat
  • Sinusitis
  • Infeksi saluran napas
  • Asma
  • Radang paru atau infeksi paru

Cara mengatasi sesak nafas disertai adanya cairan

Jadi apabila ada riwayat asma perlu diperhatikan, apabila sesak napas disertai adanya bunyi mengi atau seperti suara ngik ngik maka merupakan asma yang kambuh dan perlu penanganan segera. Adanya lendir sendiri bisa karena produksi dari saluran pernapasan sebagai mekanisme pertahanan ataupun diproduksi oleh infeksi saluran pernapasan.Untuk sementara yang bisa dilakukan adalah upayakan menghindari pemicu sesak seperti debu, bulu kucing, udara dingin, ataupun makanan dan minuman yang memicu asma kambuh. Upayakan mengonsumsi obat batuk dan flu dan juga penurun panas seperti parasetamol. Jika tidak ada perbaikan dalam 3 hari periksakan pada dokter terdekat untuk dipastikan kondisinya dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
asmainfeksi saluran pernapasanflusesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil