20 Nov 2020, 16:05Pernapasan

Apakah flu dapat menyebabkan sesak nafas?

L7
Info Penanya: L70
Sore dok,aku sesak nafas di dada,sering sendawa yg keluar dari tenggorokan aja.ada sedikit flu.tp tidak batuk.hanya saja suara yg sengau.udh minum obat,tp tidak ada reaksi yg melegakan dada supaya tidak sesak rasanya,malah lemes jadinya sakit apa saya ya dok
237 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat Sore LZ,Saya akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Anda.Sesak nafas adalah gejala suatu penyakit yang ditandai dengan frekuensi nafas yang menjadi lebih cepat atau lambat, kesulitan untuk bernafas, terdapat bunyi seperti ngik-ngik saat bernafas. Saat kita mengalami sesak nafas, aliran oksigen di dalam darah akan terhambat, yang dapat membuat tubuh menjadi letih.

Penyebab sesak nafas

Ada beberapa penyebab sesak nafas antara lain :
  • Infeksi saluran nafas atas atau bawah
  • Penyakit jantung
  • Asma
  • Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) 
Sesak Nafas dapat dinilai dari wawancara atau anamnesa pasien, pemeriksaan menggunakan stetoskop, ataupun pemeriksaan menggunakan oximetri yang berguna untuk menilai kadar oksigen di dalam darah. Sesak nafas yang anda alami bisa disebabkan oleh infeksi saluran nafas. Infeksi saluran nafas juga dapat disebabkan oleh virus ataupun bakteri.

Penatalaksanaan sesak nafas

Penatalaksanaan sesak nafas dengan mengobati penyebabnya. Jika Anda mengalami pilek dengan dada yang terasa sesak, harus diperiksa lebih lanjut dan diobati terlebih dahulu. Penanganan yang dapat dilakukan di rumah dengan cara menarik nafas panjang jika sesak, meminum air putih yang banyak, makan makanan bergizi, makan buah dan sayur, serta konsumsi vitamin untuk meningkatkan imun tubuh.Jika sesak bertambah berat Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat.dr.Lidya Hapsari"
penyakit jantungpileksesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil