30 Oct 2020, 17:04Pernapasan

Sesak nafas, apa saja penyebabnya?

ML
Info Penanya: ML0
Halo dok,sudah sekitar 4 hari saya sesak nafas,nafas terasa berat,seperti ada yg mengganjal di dada,tidak dseratai batuk dan demam,Untuk membedakan secara spesifik sesak nafas yg disebabkan GERD atau COVID gimana ya ? Sempat tensi darah juga,darahnya sempar rendah75/80 Kira kira sy sakit apa ya dok bingung
406 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, MTerima kasih atas pertanyaan AndaSesak napas merupakan rasa tidak nyaman saat bernapas bisa berupa rasa terikat, rasa tidak lega atau kesulitan saat bernapas. Umumnya kondisi sesak napas paling sering disebabkan oleh adanya masalah pada saluran napas seperti pada penyakit paru-paru, namun bisa juga disebabkan oleh kondisi medis yang lainnya.

Beberapa penyebab sesak napas adalah:

  • Penyakit paru  dan sauran napas seperti: Asma, pneumonia, PPOK dan lain sebagainya
  • Reaksi anafilatik (reaksi alergi yang parah)
  • Hipotensi atau tensi rendah
  • Anemia atau kurang darah
  • Kecemasan yang berlebih
  • Masalah pada saluran pencernaan seperti pada penderita GERD
  • Penyakit jantung
  • Penyakit infeksi corona virus (covid19)
Terkait dengan pertanyaan Anda, GERD adalah kondisi dimana naiknya kembali asam lambung ke kerongkongan. Kondisi ini menimbulkan gejala seperti heart burn, rasa mengganjal pada tegorokan, sesak napas, batuk, nyeri pada ulu hati, mual, mulut terasa pahit atau asam. Sedangkan gejala awal terinfeksi virus covid19 adalah demam tinggi (suhu diatas 28 derajat celcius), sesak napas dan batuk. Untuk dapat membedakannya selain dengan gejala penyerta juga melalui pemeriksaan fisik yang dilakukan dokter dan beberapa permeriksaan penunjang.Oleh karena itu, jika kondisi ini sudah Anda rasakan selama 4 hari (lebih dari 3 hari), segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk diketahui penyebab pasti dari keluhan sesak napas yang Anda rasakan. Untuk sementara tindakan yang bisa Anda lakukan yaitu dengan berusaha makan tepat waktu, tidak menunda jam makan, hindari makanan yang mencetuskan kenaikan asam lambung, hindari stres dan kecemasan, istirahat cukup, pastikan sirkulasi udara di lingkungan Anda baik serta jaga kebersihan diri.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
masalah pencernaangerdsesak napasgangguan pernapasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil