27 Jun 2020, 20:48Pernapasan

Apa penyebab sesak napas setiap malam?

CP
Info Penanya: CP0
Selamat malam dok, mau tanya sy sudah 1 bulan ini sesak nafas setiap malam hari. Jadi sy sudah minum teofilin, 1x1 tiap malam. Sudah habis 3 pepel namun kondisi belum juga membaik. Pertanyaan saya, sy sesak hanya di malam hari jika sy tidak minum obat sesaknya menjadi batuk kering. Bagaimana solusinya ya dok? Karena maag sy juga jadi kumat belakangan ini akibat rutin minum obat ini, jd perut terasa mual.
22826 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, C.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Sesak napas merupakan suatu gejala yang menandakan bahwa tubuh membutuhkan pasokan oksigen. 

Penyebab sesak napas

Penyebab sesak napas bermacam-macam, yaitu: 
  • Gangguan paru-paru: asma, TBC, PPOK, pneumonia, pneumothoraks.
  • Gangguan jantung. 
  • Tekanan darah rendah atau tinggi.
  • Anemia.
  • Obesitas. 
  • Tulang rusuk yang patah.  
  • Maag atau GERD.
  • Gangguan depresi, stres, gangguan cemas. 
Terkait gejala yang Anda alami ini, sebaiknya Anda pastikan dahulu apakah Anda memiliki asma atau tidak. Karena obat teofilin yang Anda konsumsi ini merupakan obat asma dan tidak dapat dikonsumsi sembarangan. Bisa saja penyebab Anda sesak napas adalah karena maag atau asam lambung yang meningkat. Untuk itu, sebaiknya Anda pastikan dulu penyebabnya dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam. Sehingga Anda mendapatkan terapi yang tepat.Untuk mengurangi keluhan yang Anda rasakan ini, Anda dapat mengkonsumsi obat antasida untuk mengatasi maag yang Anda derita, tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari dada, tarik napas dalam-dalam dan keluarkan lewat mulut, duduk tegak saat sesak napas menyerang, dan jika Anda mengalami batuk kering, Anda dapat mengkonsumsi obat batuk yang dijual bebas di apotek. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Ester.
penyakit paru-parumaagsesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil