Sesak nafas dan jantung berdebar, apa penyebabnya?

AP Info Penanya: AP, Pria, 22 Tahun
Assalamualaikum dok.. tadi sore pas mau sholat ashar saya bangun jantungku berdebar kencang dan sesak nafas.dan udah ketakutan trus sampe Sahur ini... Itu karna apa yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AP,

Sesak napas adalah keluhan yang bisa timbul karena beragam penyebab. Dimana bisa diikuti gejala lain seperti nyeri ulu hati, berkeringat, mual, muntah, ataupun berdebar-debar.

Beberapa penyebab sesak napas sendiri diantaranya:

  • Gangguan pernapasan seperti asma atau infeksi saluran napas
  • Gangguan saluran pencernaan seperti sakit maag atau GERD
  • Gangguan jantung
  • Masalah psikologis seperti cemas atau serangan panik
  • Masalah kesehatan lain seperti gangguan tiroid dan lainnya

Jika mengalamai ketakutan dan jantung berdebar kencang, apalagi saat puasa sering kali bisa karena gangguan maag yang terjadi karena asam lambung naik ataupun dehidrasi. Tidak jarang juga karena konsumsi makanan yang bisa mengiritasi lambung seperti makanan pedas, asam, bersantan, ataupun minuman berkafein saat sahur seperti kopi, teh, cokelat atau soda.

Untuk itu sementara bisa mengompres bagian yang nyeri dengan air hangat, konsumsi obat maag seperti antasida, mengonsumsi makanan sedikit-sedikit tapi lebih sering dan tenangkan diri. Atur napas dan tidak memikirkan hal-hal yang membuat cemas.

Jika keluhan tidak membaik, nyeri dada makin berat, sulit bernapas, ataupun juga nyeri ulu hati hebat. Ada baiknya periksakan diri agar dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Muntah saat puasa bisa terjadi karena riwayat gangguan pencernaan

Muntah Saat Puasa, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Muntah saat puasa bisa terjadi karena riwayat gangguan pencernaan serta makanan atau minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Meski bukan kondisi yang mengkhawatirkan, Anda perlu mengetahui penyebab muntah saat puasa agar dapat melakukan langkah pencegahannya.