Sesak napas, karena lambung atau apa ya?

RP Info Penanya: RP, Pria, 37 Tahun
Dok saya sudah sebulan lebih ini terkdang suka sesak nafas beberapa minggu lalu saya sudah ke dokter 2X tetapi katanya tidak apa apa hanya lambung Dan say selama ini tidak pernah ke mana mana tidak juga dari luar kotaTetapi sampai sekarang masih suka sesak dan terkadang punggung bagian kanan terasa sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RPB.

Sesak napas adalah kondisi ketika seseorang tidak bisa bernapas dengan normal, biasanya menjadi terengah-engah atau bernapas pendek-pendek. Hal ini bisa terjadi karena gangguan pada paru-paru yang menyebabkan jumlah oksigen ke paru tidak mencukupi. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan karena gangguan organ lain, seperti ginjal, jantung, atau lambung.

Sesak napas yang disebabkan oleh lambung biasanya terjadi karena asam lambung yang refluks (naik kembali) ke tenggorokan. Dunia medis mengenal hal ini dengan GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease). Selain sesak napas, biasanya orang tersebut juga mengalami gejala seperti batuk ringan, dada panas, atau nyeri dada.

Jika Anda sudah pernah berkonsultasi dengan dokter dan dikatakan menderita GERD, sebaiknya Anda sangat menjaga pola makan Anda. Konsumsi makanan dalam jumlah yang kecil namun sering, dan hindari makanan asam, pedas, dan terlalu berminyak. Jangan langsung berbaring atau tengkurap sampai setidaknya 2 jam setelah makan.

Selain dari segi makanan, jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup agar makanan dapat terserap sempurna. Hindari stres, karena asam lambung yang berlebih juga dapat dipicu oleh stres. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam, ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita maag yang ingin mengonsumsi obat cimetidine harus mengikuti petunjuk dokter

Cimetidine Obat Apa? Ini Jawabannya

Bagi Anda yang belum mengenal cimetidine pasti akan menanyakan ‘cimetidine obat apa?’. Obat cimetidine adalah salah satu obat yang biasanya diberikan saat seseorang mengalami gangguan peningkatan asam lambung. Obat ini bisa didapatkan di apotek maupun dengan resep dokter.