Sesak napas dan radang tenggorokan, bagaimana mengatasinya ?

SD Info Penanya: SD, Wanita
Selamat mlm dok, saya tami usia 30th. Sudah seminggu ini saya sesak nafas, sakit tenggorokan, batuk sesekali saja. Saya sudah berobat sudah cek darah dan rotgen paru paru, kata dokter saya radang tenggorokan. Tp setelah obat saya habis, sesak nafas msih ada dok tenggorokan jg kadang masih sakit. Apa yg perlu saya lakukan dok? Terima kasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SDU.

Sesak napas adalah keadaan saat paru-paru kekurangan suplai udara yang kaya akan oksigen. Sesak napas dapat terjadi akibat gangguan pada saluran napas atas, pada organ paru-paru, organ jantung maupun gangguan metabolisme tubuh yang berhubungan dengan organ lainnya.

Adapun sensasi seperti sesak napas yang dirasakan seperti menyesak pada dada. Umumnya keadaan tersebut terjadi karena gangguan pencernaan khususnya GERD dimana terjadinya kerusakan pada otot katup lambung dan kerongkongan yang disebut dengan sfingter yang mengakibatkan asam lambung refluks ke kerongkongan. Selain itu dapat pula disebabkan oleh masalah psikologis seperti gangguan kecemasan dan stres.

Terkait dengan keluhan sesak pada Anda yang disertai nyeri tenggorokan, dapat terjadi karena infeksi pada saluran napas atas dan bagian yang berada di sekitar tenggorokan seperti tonsil, dan dapat pula terjadi karena GERD yang tidak disadari sehingga belum kunjung membaik walaupun telah sempat diobati.

Untuk sementara Anda dapat mencoba melakukan beberapa cara yang alami seperti berikut ini :

  • mengonsumsi air rebusan jahe hangat yang diberi perasan lemon dan sedikit madu murni secara rutin
  • konsumsi bubuk kayu manis
  • konsunsi bawang putih
  • hindari makanan pedas dan berminyak
  • berkumur dengan air yang diberi soda kue atau garam 

Jika keluhan yang dialami tidak kunjung membaik, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam apabila keluhan sesak yang lebih dominan, dan kepada dokter spesialis THT untuk radang tenggorokan yang tidak kunjung sembuh.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Serangan asma membutuhkan penggunaan inhaler secepat mungkin

Serangan Asma Butuh Pertolongan Pertama, Begini Caranya

Serangan asma bisa datang tak terduga dengan beragam pemicun, dari alergi hingga stres. Agar kondisi ini tidak mengancam jiwa, Anda perlu mempelajari langkah pertolongan pertama dengan saksama.